Sukses


7 Ayat Al-Qur'an tentang Dakwah yang Bisa Dicermati

Bola.com, Jakarta - Dakwah merupakan satu di antara aspek penting dalam ajaran Islam, yang melibatkan penyebaran pesan-pesan agama kepada orang lain.

Dalam Al-Qur'an, ada banyak ayat yang memberikan petunjuk dan panduan mengenai cara dakwah yang baik dan benar.

Ayat-ayat ini tidak hanya mengatur metode penyampaian dakwah, tetapi juga menekankan pentingnya kesabaran, kelembutan, dan kebijaksanaan dalam menyampaikan ajaran Islam.

Satu di antara aspek penting yang sering disoroti dalam ayat-ayat Al-Qur'an tentang dakwah adalah pentingnya menyampaikan kebenaran dengan penuh hikmah dan nasihat yang baik.

Allah Swt. mengingatkan bahwa dakwah harus dilakukan dengan cara yang baik, tidak memaksa, dan penuh kesabaran. Ini berarti, seorang pendakwah harus mampu mengerti kondisi dan situasi orang yang didakwahi sehingga pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik tanpa menimbulkan penolakan atau perdebatan yang tidak perlu.

Di samping itu, melalui ayat-ayat ini, kita diajarkan bahwa dakwah adalah proses yang membutuhkan ketekunan dan kesabaran, serta keyakinan bahwa hidayah adalah milik Allah dan tugas kita hanyalah menyampaikan pesan dengan cara yang terbaik.

Berikut tujuh ayat Al-Qur'an tentang dakwah yang bisa dicermati umat muslim, Kamis (18/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Dakwah

Ayat Al-Qur'an tentang Dakwah (1)

وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Artinya: "Hendaklah ada di antara kamu segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Mereka itulah orang-orang yang beruntung." (QS. Al-Imran: 104)

Ayat Al-Qur'an tentang Dakwah (2)

لَآ اِكْرَاهَ فِى الدِّيْنِۗ قَدْ تَّبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ ۚ فَمَنْ يَّكْفُرْ بِالطَّاغُوْتِ وَيُؤْمِنْۢ بِاللّٰهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقٰى لَا انْفِصَامَ لَهَا ۗوَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: "Tidak ada paksaan dalam (menganut) agama (Islam), sesungguhnya telah jelas (perbedaan) antara jalan yang benar dengan jalan yang sesat. Barang siapa ingkar kepada Tagut dan beriman kepada Allah maka sungguh, dia telah berpegang (teguh) pada tali yang sangat kuat yang tidak akan putus. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui." (QS. Al Baqarah: 256)

3 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Dakwah

Ayat Al-Qur'an tentang Dakwah (3)

فَاصْدَعْ بِمَا تُؤْمَرُ وَاَعْرِضْ عَنِ الْمُشْرِكِيْنَ

Artinya: "Maka, sampaikanlah (Muhammad) secara terang-terangan segala apa yang diperintahkan (kepadamu) dan berpalinglah dari orang yang musyrik." (QS. Al Hijr: 94)

Ayat Al-Qur'an tentang Dakwah (4)

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِّمَّن دَعَآ إِلَى ٱللَّهِ وَعَمِلَ صَٰلِحًا وَقَالَ إِنَّنِى مِنَ ٱلْمُسْلِمِينَ

Artinya: "Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?" (QS. Fussilat: 33)

Ayat Al-Qur'an tentang Dakwah (5)

إِنَّا قَدْ أُوحِىَ إِلَيْنَآ أَنَّ ٱلْعَذَابَ عَلَىٰ مَن كَذَّبَ وَتَوَلَّىٰ

Artinya: "Sesungguhnya telah diwahyukan kepada kami bahwa siksa itu (ditimpakan) atas orang-orang yang mendustakan dan berpaling." (QS. Thaha: 48)

4 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Dakwah

Ayat Al-Qur'an tentang Dakwah (6)

اُدْعُ اِلٰى سَبِيْلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِيْ هِيَ اَحْسَنُۗ اِنَّ رَبَّكَ هُوَ اَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيْلِهٖ وَهُوَ اَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِيْنَ

Artinya: "Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk." (QS. An-Nahl: 125)

Ayat Al-Qur'an tentang Dakwah (7)

لُعِنَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْۢ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ عَلٰى لِسَانِ دَاوٗدَ وَعِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ ۗذٰلِكَ بِمَا عَصَوْا وَّكَانُوْا يَعْتَدُوْنَ

كَانُوْا لَا يَتَنَاهَوْنَ عَنْ مُّنْكَرٍ فَعَلُوْهُۗ لَبِئْسَ مَا كَانُوْا يَفْعَلُوْنَ

Artinya: "Orang-orang kafir dari Bani Israil telah dilaknat melalui lisan (ucapan) Dawud dan Isa putra Maryam. Yang demikian itu karena mereka durhaka dan selalu melampaui batas. Mereka tidak saling mencegah perbuatan mungkar yang selalu mereka perbuat. Sungguh, sangat buruk apa yang mereka perbuat." (QS. Al-Maidah: 78-79)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer