Sukses


Manfaat Makan Bawang Putih Mentah

Bola.com, Jakarta - Bawang putih telah digunakan sebagai bahan makanan dan obat tradisional sejak zaman kuno. Bawang putih mentah, atau yang belum dimasak, telah dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa.

Bawang putih mentah diketahui memiliki sifat antiparasitik yang kuat. Bawang putih mentah mengandung senyawa allicin yang memiliki efek antimikroba dan antijamur yang kuat. Ini membantu melawan infeksi parasitik seperti cacing dalam tubuh, serta melindungi sistem pencernaan dari serangan parasit yang dapat merusak kesehatan kita.

Selain itu, bawang putih mentah diketahui memiliki efek antibakteri yang kuat. Senyawa allicin dalam bawang putih mentah dapat membantu melawan bakteri berbahaya seperti E. coli dan Staphylococcus aureus, yang sering menjadi penyebab infeksi pada manusia.

Lantraan sifat antibakterinya, mengonsumsi bawang putih mentah dapat membantu mencegah infeksi dan menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Selanjutnya, bawang putih mentah juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Bawang putih mentah diketahui dapat membantu mengurangi kadar kolestrol, tekanan darah, dan mencegah pembentukan plak di arteri. Ini membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

Agar lebih paham lagi, yuk simak beberapa manfaat makan bawang putih mentah, Minggu (21/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah

·  Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang memiliki sifat antimikroba dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

·  Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang penting untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

·  Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Bawang putih dapat membantu mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat), serta meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik).

·  Sifat Antioksidan

Bawang putih mengandung antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah

·  Meningkatkan Kesehatan Jantung

Konsumsi bawang putih dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi plak di arteri dan meningkatkan aliran darah.

·  Sifat Anti-inflamasi

Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

·  Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih mentah secara teratur dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker usus besar dan kanker lambung.

·  Meningkatkan Kesehatan Kulit

Sifat antibakteri dan antioksidan bawang putih dapat membantu melawan infeksi kulit dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah

 

·  Detoksifikasi Logam Berat

Bawang putih dapat membantu mengurangi toksisitas logam berat dalam tubuh, seperti timbal dan merkuri, dengan meningkatkan enzim detoksifikasi di hati.

·  Meningkatkan Kesehatan Tulang

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dengan meningkatkan kadar estrogen pada wanita, yang penting untuk menjaga kepadatan tulang.

·  Meningkatkan Kesehatan Saluran Pernapasan

Bawang putih dapat membantu meredakan gejala flu dan infeksi saluran pernapasan karena sifat antimikroba dan ekspektoran.

 

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer