Sukses


Profil Atlet Judo Indonesia di Olimpiade Paris: Maryam March Maharani, Ogah Gentar dan Pantang Mundur

Bola.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya sejak 12 tahun terakhir, Tim Indonesia mempunyai wakilnya dalam cabang olahraga (cabor) judo Olimpiade. Adalah Maryam March Maharani, yang bakal berjuang untuk membawa harum Merah-Putih.

Maryam March Maharani menjadi satu-satunya judoka Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024 yang akan digelar pada 26 Juli-11 Agustus tahun ini.

Maryam March Maharani akan turun di kelas 52kg. Atlet berusia 24 tahun itu bakal bersaing dengan para unggulan di nomor ini, termasuk peraih medali perak Olimpiade Tokyo 2020, Amandine Buchard.

Dalam ranking untuk Olimpiade Paris berdasarkan penghitungan Federasi Internasional Judo (IJF), Maryam March Maharani menempati posisi ke-52 dengan 827 poin.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kiprah Maryam March Maharani

"Maryam March Maharani lolos ke cabor judo Olimpiade Paris kelas 52kg melalui kuota Kontinental Asia dengan peringkat keenam," tulis Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) pada akhir Juni 2024.

Dalam catatan IJF, Maryam March Maharani sedikitnya pernah berpartisipasi dalam empat turnamen internasional seperti Asian Games 2022 ketika menduduki urutan kelima.

Maryam March Maharani merebut posisi kedua di Hong Kong Asian Open 2023, peringkat ketiga di Warsaw European Open 2024, dan ranking ketujuh di Asian Championship Individuals 2024.

3 dari 5 halaman

Maksimal dan Kerja Keras

Dalam wawancaranya dengan Liputan6 pada beberapa waktu lalu, Maryam March Maharani mengungkapkan persiapannya sebelum bertanding di Olimpiade Paris.

"Kualifikasi untuk Olimpiade Paris ada enam pertandingan. Setiap bulannya dua pertandingan. Kualifikasi cukup banyak dan panjang. Jadi persiapannya matang," ujar Maryam March Maharani.

"Saya harus siap. Ini pertama kalinya saya turun di Olimpiade. Sebagai atlet, saya harus disiplin dalam segala hal, termasuk di kehidupan. Kuncinya latihan mesti maksimal," jelasnya.

4 dari 5 halaman

Ambisi Maryam March Maharani

"Program pelatih harus dilakukan dengan baik dan maksimal. Kalau kita maksimal, akan ada hasilnya. Dari latihan, semangat, disiplin, mempunyai tekad dan kemauan yang tinggi," ucapnya.

"Saling support satu sama lain. Mohon dukungan dan doa semoga kami bisa memberikan hasil terbaik, membanggakan, membawa nama baik judo Indonesia. Nama judo Indonesia makin besar dan beprestasi," ungkap Maryam March Maharani.

Maryam March Maharani juga kemungkinan akan ditunjuk sebagai pembawa bendera Tim Indonesia dalam upacara pembukaan Olimpiade Paris yang rencananya berlangsung di atas kapal di Sungai Seine, Le Havre dan Honfleur, Prancis, pada 26 Juli 2024.

5 dari 5 halaman

Profil Maryam March Maharani

Nama Lengkap: Maryam March Maharani

Tempat dan Tanggal Lahir: Jakarta, 8 Maret 2024

Olahraga: Judo

Kelas: Putri 52Kg

Prestasi: Runner-up Hong Kong Asian Open 2023, peringkat ketiga Warsaw European Open 2024

Video Populer

Foto Populer