Sukses


5 Contoh Surat Somasi untuk Berbagai Tujuan

Bola.com, Jakarta - Surat somasi adalah alat komunikasi yang sering digunakan dalam konteks hukum untuk menyampaikan peringatan atau tuntutan kepada pihak lain yang dianggap telah melanggar hak maupun kewajiban.

Surat somasi biasanya dikirim sebelum tindakan hukum diambil, sebagai langkah awal untuk menyelesaikan masalah secara damai tanpa harus melalui proses pengadilan yang panjang dan mahal.

Mengirim surat somasi dapat menunjukkan niat baik dan itikad untuk menyelesaikan sengketa secara profesional dan beretika.

Surat somasi umumnya berisi penjelasan terperinci mengenai permasalahan yang terjadi, dasar hukum yang mendukung tuntutan, serta permintaan atau tuntutan yang harus dipenuhi oleh pihak yang menerima surat.

Dengan memberikan informasi yang jelas dan terstruktur, surat somasi membantu kedua belah pihak memahami posisi dan argumen masing-masing sehingga diharapkan dapat mencapai kesepakatan atau solusi yang menguntungkan bagi semua pihak.

Selain itu, surat somasi memberikan kesempatan bagi pihak yang menerima untuk memperbaiki kesalahan atau kelalaian yang telah dilakukan.

Bagi yang belum familier dengan format dan isi surat somasi, contoh surat somasi dapat menjadi referensi yang berguna untuk memastikan surat yang dibuat memenuhi standar yang diperlukan.

Berikut lima contoh surat somasi untuk berbagai tujuan, Rabu (24/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Surat Somasi (1)

……, ……

 

Perihal: Somasi

Yth.

Bpk/Ibu ……

di ……

 

Yang bertanda tangan di bawah ini,

(Nama kuasa hukum) advokat dan konsultan hukum yang beralamat di …… , berdasarkan surat khusus tertanggal (tanggal dikeluarkannya surat somasi) bertindak untuk dan atas nama klien kami (nama dan identitas klien).

Sehubungan dengan adanya pengaduan dari klien kami (nama klien) yang menyatakan adanya dugaan tindakan pencemaran nama baik yang dilakukan saudara pada …… di …….

Hal ini telah melanggar ketentuan undang-undang (Pasal yang berkemungkinan menjerat dari KUHP maupun UU ITE) tentang pencemaran nama baik dan/atau dugaan tindak pidana lainnya.

Berdasarkan uraian di atas, kami selaku kuasa hukum memberikan SOMASI kepada saudara untuk:

  1. Tidak mengulangi hal tersebut dan menyatakan permohonan maaf secara langsung kepada klien kami (nama klien) paling lambat 1Ă—24 jam sejak surat ini diterima.
  2. Memberikan pernyataan secara terbuka melalui media sosial saudara atas kesalahannya.
  3. Memperingatkan saudara untuk tidak mengganggu lagi kenyamanan hidup dari klien kami.

Bilamana surat somasi ini diabaikan maka kami akan mengambil langkah hukum berupa pengaduan kepada pihak kepolisian.

Demikian surat peringatan ini kami sampaikan, atas perhatian saudara, kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

 

Kuasa Hukum

3 dari 6 halaman

Contoh Surat Somasi (2)

28 Februari 2023

Perihal: Somasi Pertama

Yth. Saudara Lucky Azhari

 

Di tempat,

Perbuatan saudara yang sudah merusak kendaraan pribadi saya berupa mobil dengan nopol A 234543 dengan sengaja pada 25 Februari 2023 menimbulkan kerugian materiel untuk saya dan keluarga.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Cika Swaqara

Jenis Kelamin: Perempuan

Alamat: Jln. Sudirman No 22

Pekerjaan: Pegawai BUMN

Mengirimkan surat somasi pertama ini supaya saudara Lucky segera meminta maaf dan mengganti kerugian materiel yang kami terima. Jika dalam 2 x 24 jam saudara tidak melakukan apa yang diminta dalam surat ini, saya akan melaporkan tindakan saudara ini kepada polisi dengan bukti CCTV yang kami punya.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Cika Swaqara

4 dari 6 halaman

Contoh Surat Somasi (3)

…………., …………

 

Perihal: Somasi Utang

Yth …….

di ……

 

Dengan hormat,

Berkaitan dengan belum dilaksanakannya kewajiban pembayaran uang pinjaman …… sebesar …… oleh …… kepada ……, kami sampaikan somasi sebagai berikut:

  1. Pada tanggal ……, saudara …… meminjam uang sebesar …… untuk keperluan …… dengan komitmen pengembalian pinjaman pada tanggal ……
  2. Saudara melalui pesan singkat pada tanggal …… menyatakan bahwa pinjaman tersebut akan dibayarkan dengan cara dicicil sampai dengan tanggal ……
  3. Namun, sesuai dengan janji tersebut, ternyata saudara tidak juga melaksanakan kewajibannya membayar hutang.
  4. Oleh karena itu, melalui surat ini, saya melayangkan surat somasi utang kepada saudara agar dapat membayar utang tersebut sampai tanggal ……
  5. Jika sampai tanggal tersebut saudara tidak juga berniat membayar utang maka saya meminta aset saudara sebagai jaminan dengan nilai yang sama.

Apabila saudara mengindahkan surat somasi pertama ini, saya akan melayangkan surat somasi kedua dan disusul penyelesaian secara hukum perdata.

Demikian somasi ini disampaikan untuk menjadi perhatian.

 

Hormat saya,

 

………………

5 dari 6 halaman

Contoh Surat Somasi (4)

23 April 2024

 

Perihal: Somasi Pertama

Yth. Saudara Tono Sumartono

di Tempat

 

Perbuatan saudara yang telah merusak kendaraan pribadi saya bernopol D 123 666 secara sengaja pada 31 Maret 2024 telah menyebabkan kerugian materiel.

Dengan demikian, melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Momo Sugiomo

Jenis kelamin: Laki-laki

Alamat: Jalan Badai Pasti Berlalu No. 3

Pekerjaan: Pegawai swasta

Memberikan surat somasi pertama kepada saudara agar meminta maaf dan mengganti kerusakan mobil tersebut.

Jika dalam 1Ă—24 jam saudara tidak meminta maaf dan mengganti semua kerusakan tersebut, saya akan melaporkan tindakan saudara kepada polisi disertai bukti CCTV pada hari kejadian tersebut.

Atas perhatian saudara, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Momo Sugiomo

6 dari 6 halaman

Contoh Surat Somasi (5)

Yogyakarta, 25 Februari 2021

 

Hal: Somasi

Yth. Muflih Nur

Jln. Buah Batu

Bandung

 

Dengan hormat,

Dengan diterimanya surat ini, kami melayangkan peringatan supaya Anda segera membayarkan kekurangan uang pohon jati sebesar Rp15.000.000 untuk toko bangunan milik Saudara sesuai perjanjian yang ditandatangani pada 22 Januari 2021.

Berdasarkan kesepakatan seharusnya pembayaran dilakukan dalam tempo 20 hari yang jatuh pada tanggal 11 Februari 2021. Namun, hingga saat ini pembayaran juga belum masuk ke kantong pribadi saya.

Saya beri waktu 5 x 24 jam untuk melakukan pelunasan pembayaran pohon jati sesuai kekurangan yang belum dibayarkan tertera di atas. Sebab, jika lebih dari tenggat waktu yang diberikan, kami tidak segan menempuh jalur hukum. Saya berharap ada itikad baik dari Saudara untuk segera melunasi pembayaran. Semoga bisa dimengerti.

 

Hormat saya,

 

Ardi Syahreza

 

Dapatkan artikel contoh surat berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer