Sukses


Profil Atlet Balap Sepeda Indonesia di Olimpiade Paris: Bernard van Aert, Single Fighter demi Harumkan Merah Putih

Bola.com, Jakarta - Bernard Benyamin van Aert menjadi single fighter atau satu-satunya atlet balap sepeda yang mewakili Indonesia di Olimpiade Paris 2024 pada 26 Juli-11 Agustus pada tahun ini.

Pesepeda yang karib dipanggil Bernard van Aert itu lahir di Singkawang, Kalimantan Barat, pada 8 September 1997 lolos ke Olimpiade melalui jalur khusus.

Jalur khusus yang dimaksud adalah kualifikasi khusus negara untuk disiplin balap sepeda trek nomor omnium putra berdasarkan keputusan yang diterbitkan Union Cycle Internationale (UCI).

Bernard van Aert adalah pesepeda trek pertama dari Indonesia sejak 20 tahun terakhir yang bermain di Olimpiade sejak Santia Tri Kusuma pada Olimpiade Athens.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pesepeda Berprestasi

Bernard van Aert berlatih intensif sejak 2023 demi merebut tiket ke Olimpiade Paris. Dia menjadi satu dari 24 pesepeda dunia yang berkancah di Track World Championship 2022.

Sepanjang kariernya, Bernard van Aert pernah meraih medali perak di Asian Track Championship 2019 hingga medali perak di Tissot UCI Track Nations Cup 2022.

Selain itu, Bernard van Aert juga merengkuh medali emas Men's Scratch 15km Asia Cup 2022 sampai medali perak Men's Elite Omnium Track Asia Cup 2022.

3 dari 5 halaman

Perjalanan Bernard van Aert

"Timnas Balap Sepeda Indonesia sudah mentargetkan Bernard van Aert lolos. Alhamdulillah dengan perjuangan Perjuangan yang sangat berat dan panjang melawan gempuran teknologi dari tim negara-negara besar yang setiap tahun berkembang," ujar pelatih Timnas Balap Sepeda Indonesia, Dadang Haries Poernomo.

"Lalu Bernard van Aert mendapatkan poin yang lumayan besar dalam Road to Paris 2024 setelah mendapatkan medali perak di kejuaraan Asian Track Championship di New Delhi, India, ini yang bantu mendongkrak poinnya."

"Lalu Bernard van Aert kembali tampil di UCI Track Nations Cup dan semuanya masuk final sehingga dapat poin. Alhamdulillah bisa lolos kualifikasi ke Olimpiade Paris 2024," jelas Dadang.

4 dari 5 halaman

Balap Sepeda di Olimpiade Paris

Untuk cabor balap sepeda disiplin track endurance, Olimpiade Paris mempertandingkan tiga nomor. Ketiganya adalah Team Pursuit, Madison, dan Omnium. Dari tiga nomor itu, terdapat sepuluh kuota negara yang lolos ke Team Pursuit, 15 di Medison, dan 22 Omnium.

Bernard van Aert bakal memperebutkan medali di Olimpiade Paris di nomor omnium putra, suatu kategori yang membutuhkan keterampilan dalam enam jenis balapan berbeda.

"Sejauh ini, kami latihan fisik terutama endurance. kami latihan full satu minggu. Sebab, ini Olimpiade pertama buat saya. Lawan paling berat adalah negara-negara besar," imbuh Bernard van Aert.

5 dari 5 halaman

Profil Bernard van Aert

Nama Lengkap: Bernard Benyamin van Aert

Tempat dan Tanggal Lahir: Singkawang, Kalimantan Barat, pada 8 September 1997

Olahraga: Balap Sepeda

Nomor: Omnium Putra

Prestasi: Medali Perak Asian Track Championship 2019, Medali Perak Tissot UCI Track Nations Cup 2022, Medali Emas Men's Scratch 15km Asia Cup 2022, Medali Perak Men's Elite Omnium Track Asia Cup 2022

Video Populer

Foto Populer