Sukses


Terinspirasi Raden Saleh dan Adat Jawa, Seragam Defile Tim Indonesia Terlihat Elegan pada Opening Ceremony Olimpiade 2024

Bola.com, Jakarta - Tim Indonesia resmi merilis seragam yang akan dipakai pada opening ceremony Olimpiade 2024 Paris. Terinspirasi pelukis ternama Indonesia, Raden Saleh, dan adat Jawa, seragam kontingen Merah-Putih terlihat elegan.

Olimpiade 2024 akan dibuka pada Jumat (26/7/2024) malam WIB. Pada upacara pembukaan itu, perwakilan masing-masing negara akan tampil. Biasanya, mereka akan membawa seragam khusus.

Pada edisi Olimpiade Paris, seragam khusus untuk defile Tim Indonesia didesain Didit Hediprasetyo. Putra tunggal Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto tersebut juga menjadi desainer seragam yang akan dipakai Tim Indonesia saat bertanding.

Didit membawa unsur tradisi pada seragam Tim Indonesia untuk upacara pembukaan Olimpiade 2024 Paris. Baju beskap dengan sentuhan warna merah putih di bagian lengan terlihat sangat elegan.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Terinpirasi Sosok Raden Saleh

Didit Hediprasetyo mengangkat sosok Raden Salah sebagai inspirasi seragam Tim Indonesia pada upacara pembukaan Olimpiade 2024. Raden Salah adalah pelukis sohor yang berasal Indonesia.

Satu di antara karya Raden Salah yang paling tersohor adalah peristiwa penangkapan Pangeran Diponegoro. Momen ini menggambarkan siasat licik pemerintah Hindia Belanda untuk mengakhiri perjuangan sang pengeran.

"Perjalanannya dari Jawa Tengah sampai ke istana-istana Eropa pada abad ke-19, mencerminkan kebangkitan bangsa Indonesia di kancah internasional yang kini menghiasi dinding Rijksmuseum dan Louvre," tulis informasi resmi Tim Indonesia.

 

3 dari 4 halaman

Kebanggaan, Semangat, dan Ketangguhan

Didit Hediprasetyo berharap desain yang seragam tim yang dibuat bisa membawa semangat bagi kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Selain itu, dia juga berharap desainnya memicu kebanggaan dan ketangguhan.

"Harapan saya dapat menciptakan desain yang menjadi wujud kebanggaan, semangat, dan ketangguhan bangsa kita," kata Didit Hediprasetyo.

"Sekaligus memastikan bahwa setiap atlet muncul dan menjadi diri mereka yang terbaik saat berkompetisi di panggung dunia," tambahnya.

 

4 dari 4 halaman

Pembawa Bendera Indonesia

Atlet judo putri Indonesia, Maryam March Maharani, resmi dipilih sebagai pembawa bendera Merah Putih dalam upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 yang bakal digelar di tepian Sungai Seine pada 26 Juli 2024 mendatang.

Pemilihan Maryam sebagai pembawa bendera Indonesia pun punya alasan tersendiri. Ini tak hanya sebagai simbol kebanggaan bangsa, melainkan juga simbol kebangkitan cabang olahraga judi Indonesia usai absen lama dari Olimpiade sejak 2012.

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin/Published: 26/07/2024)

Video Populer

Foto Populer