Sukses


14 Atlet dan Ofisial Tim Indonesia Ikut Defile di Opening Ceremony Olimpiade Paris, Ini Beberapa di Antaranya

Bola.com, Paris - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) mengabarkan bahwa 14 atlet dan ofisial akan mengikuti defile dalam upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024.

Opening ceremony Olimpiade Paris akan digelar di Sungai Seine, Paris, pada Jumat (26/7/2024) malam WIB atau Sabtu (27/7/2024) dini hari WIB.

Sebanyak 14 atlet dan ofisial Tim Indonesia itu termasuk Chef de Mission (CdM) Anindya Bakrie hingga atlet judo, Maryam March Maharani sebagai pembawa bendera Merah Putih.

Selain itu, juga pebalap sepeda Bernard Bernjamin van Aert dan dua atlet renang, Azzahra Permatahani dan Joe Aditya. Atlet dan ofisial Tim Indonesia akan mengenakan baju rancangan Didit Hediprasetyo.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Seragam Tim Indonesia

Seragam Tim Indonesia dalam upacara pembukaan Olimpiade Paris terinspirasi dari Raden Saleh, seorang pionir pelukis beraliran romantisme asal Jawa.

Kisah perjalanan Raden Saleh dari Jawa Tengah sampai ke istana-istana Eropa pada abad ke-19 mencerminkan kebangkitan bangsa Indonesia di kancah internasional. Karya-karya lukisannya yang menghiasi dinding Rijksmuseum dan Louvre adalah wujud perpaduan antara budaya Jawa dan romantisme Eropa.

"Saya begitu bersyukur dapat merancang seragam resmi parade pembukaan untuk para atlet yang mewakili Indonesia di Olimpiade 2024 di Paris," ujar Didit dalam keterangan tertulisnya.

"Harapan saya dapat menciptakan desain yang menjadi wujud kebanggaan, semangat, dan ketangguhan bangsa kita. Sekaligus memastikan bahwa setiap atlet muncul dan menjadi diri mereka yang terbaik saat berkompetisi di panggung dunia," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Di Atas Kapal

Sementara itu, para atlet akan memulai parade defile dari atas kapal di Sungai Seine yang berakhir di Trocadero, suatu area yang berada di sebrang Sungai Seine, dekat dengan ikon Paris, Menara Eiffel.

"Suatu kebanggaan, semangat dan ketangguan sebagai sebuah Tim Indonesia tercermin dalam baju yang kami pakai. Kombinasi kearifan lokal, yang terinspirasi dari tokoh legendaris Indonesia yang meninggalkan jejak karya di Louvre, Raden Saleh," imbuh Anindya Bakrie.

"Sesuai dengan semangat Tim Indonesia yang mengglobal di Olimpiade Paris 2024, baju seragam ini juga memiliki makna dan ikatan dengan Paris dan membawa nama bangsa. Semoga ini juga bisa membangkitkan semangat para atlet yang akan tampil dan berjuang menjaga Merah Putih di kancah internasional," ucapnya.

Video Populer

Foto Populer