Sukses


Kontingen Indonesia Satu Perahu Mewah dengan India dan Iran: Opening Ceremony Olimpiade 2024 Paris Sarat Sejarah, Cinta, Seni, dan Budaya

Artikel ini dipersembahkan oleh AICE, Worldwide Olympic Partner dan Official Ice Cream of Tim Indonesia.                                                                                                                                               Opening ceremony Olimpiade Paris 2024 berlangsung meriah. Kontingen Indonesia satu perahu dengan India dan Iran, Jumat (26/7/2024) sore waktu setempat.

Opening ceremony dibuka dengan pemutaran sebuah video pendek berdurasi sekitar tujuh menit menampilkan perjalanan api obor Olimpiade 2024 Paris atau torch di Kota Paris. Figur kenamaan seperti Zinedine Zidane turut muncul.

Torch kemudian dibawa oleh tiga anak, melewati sungai Seine, dan ketiganya tiba-tiba 'nongol' di depan venue opening ceremony. Perlu diketahui lagi, untuk kali pertama upacara pembukaan digelar di area terbuka alias outdoor.

Di sungai tersebut, para atlet yang berpartisipasi di defile kontingen negara peserta Olimpiade 2024 satu persatu muncul dari balik jembatan. Yunani jadi negara pertama yang muncul dari atas perahu, disusul tim refugee, Afghanistan, Jerman, Albania, dan Jerman.

Di tengah-tengah kedatangan kontingen Olimpiade Paris 2024, sejumlah aksi lain juga dihadirkan, seperti pertunjukkan musikal Lady Gaga disertai dance performance.

Api obor juga tetap dinarasikan secara bertahap. Sosok pria berjubah misterius membawanya berkeliling Kota Paris hingga akhirnya dinyalakan ke medium yang lebih besar, menandakan bahwa Olimpiade 2024 Paris secara resmi dibuka.

 

Aice Crispy Balls, produk khusus Olimpiade Paris 2024, varian es krim stik yang dilumuri cokelat dan malt istimewa, dipadukan dengan inovasi butiran biscuit cokelat yang lezat di dalamnya. Bersama kita #MenujuParisBersorakUntukIndonesia!

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

City of Love

Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 dibagi ke dalam tiga bagian, yakni liberté, égalité, fraternité. Bagian égalité (kesetaraan) dimulai dengan penampilan band dan dengan pencahayaan api Olimpiade.

Secara umum, panitia Olimpiade 2024 Paris ingin merepresentasikan hal-hal yang berkaitan dengan Prancis, utamanya Kota Paris. Thomas Jolly, direktur artistik upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024, menggambarkan dengan baik seluruh elemen tersebut.

Terlampir bagaimana Paris merupakan kota yang romantis, kaya akan budaya, seni, dan juga fashion. Kesemuanya ditampilkan lewat visual berkelas dunia, bahkan memunculkan pula Louis Vuitton, merek terkenal dari negeri tersebut.

3 dari 5 halaman

Kemunculan Kontingen Indonesia

Satu per satu kapal pembawa kontingen Olimpiade 2024 Paris berdatangan. Ada yang membawa satu negara, ada pulang yang bercampur.

Kedatangan perahu berisikan kontingen Olimpiade 2024 tersebut sesuai abjad, namun diawali dengan Yunani. Itu dilakukan sebagai penghormatan mengingat olimpiade pertama digelar di Athena.

Setelah menunggu cukup lama, akhirnya perahu pembawa kontingen Indonesia tiba juga. Tim Merah Putih satu perahu dengan India dan Iran.

Para atlet Indonesia mengenakan pakaian tradisional berwarna biru denim yang terinspirasi dari sosok Raden Saleh, pelukis pionir beraliran Romantisme asal Jawa. Sementara yang putri mengenakan pakaian berwarna merah cerah dan bawahan putih, melambangkan warna kebanggan Tanah Air.

Hujan deras tak menghalangi keceriaan dan semangat kontingen Indonesia yang tampak ceria sembari melambai-lambaikan benedera. Mereka mengangkat bendera setinggi-tingginya, setinggi harapan untuk berjaya di Olimpiade 2024 Paris.

 

4 dari 5 halaman

Host Puji Kehebatan Indonesia di Dunia Olahraga

Saat kontingen Indonesia lewat, host memprofil Indonesia sebagai satu di antara kekuatan terbaik di dunia olahraga, di antaranya cabang olahraga angkat besi.

"Indonesia terkenal di dunia olahraga, utamanya pada cabor angkat besi, panahan, dan atletik," sebut host dalam narasinya.

Pada Olimpiade 2024 Paris, ada tiga atlet yang mewakili Indonesia. Mereka adalah Eko Yuli Irawan, Rizki Juniansyah, dan Nurul Akmal.

Sementara pada cabor panahan, ada Arif Dwi Pangestu, Diananda Choirunisa, dan Rezza Oktavia. Satu lainnya yang tak boleh terlewatkan adalah Syifa Nurafifah Kamal.

Untuk atletik, Merah Putih akan mengandalkan Lalu Muhammad Zohri. Pria kelahiran Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, 24 tahun lalu itu diharapkan mampu berprestasi dengan ratusan atlet lainnya.

 

5 dari 5 halaman

Daftar Atlet Indonesia pada Olimpiade 2024 Paris

  1. Arif Dwi Pangestu (panahan)
  2. Rio Waida (selancar)
  3. Diananda Choirunisa (panahan)
  4. La Memo (dayung)
  5. Eko Yuli Irawan (angkat besi)
  6. Fathur Gustafian (menembak)
  7. Rizki Juniansyah (angkat besi)
  8. Rifda Irfanaluthfi (senam)
  9. Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing)
  10. Desak Made Rita Kusuma Dewi (panjat tebing)
  11. Bernard Benyamin van Alert (balap sepeda)
  12. Jonatan Christie (bulu tangkis)
  13. Anthony Sinisuka Ginting (bulu tangkis)
  14. Gregoria Mariska Tunjung (bulu tangkis)
  15. Fajar Alfian (bulu tangkis)
  16. Muhammad Rian Ardianto (bulu tangkis)
  17. Apriyani Rahayu (bulu tangkis)
  18. Siti Fadia Silva Ramadhanti (bulu tangkis)
  19. Rinov Rivaldi (bulu tangkis)
  20. Pitha Haningtyas Mentari (bulu tangkis)
  21. Nurul Akmal (angkat besi)
  22. Rezza Oktavia (panahan)
  23. Syifa Nurafifah Kamal (panahan)
  24. Veddriq Leonardo (panjat tebing)
  25. Rajiah Salsabillah (panjat tebing)
  26. Maryam March Maharani (judo)
  27. Lalu Muhammad Zohri (atletik)
  28. Joe Aditya Wijaya Kurniawan (renang)
  29. Azzahra Permatahani (renang)
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer