Sukses


Dor! Kemenangan George Russell Dianulir, Lewis Hamilton Dianggap Finis Pertama Balapan F1 GP Belgia

Bola.com, Jakarta - Kemenangan George Russell dianulir. Pembalap Mercedes itu telah didiskualifikasi dari balapan F1 Belgia 2024 di Sirkuit Spa-Francorchamps setelah FIA menemukan bahwa mobilnya memiliki bobot yang kurang sesuai regulasi hari Minggu (28/07/2024).

Setelah pemeriksaan pasca-balapan oleh FIA, masalah ini dirujuk ke steward F1, dan George Russell kemudian didiskualifikasi dari GP Belgia.

Karena hukuman yang diterima George Russell, rekan setimnya, Lewis Hamilton didapuk sebagai pemenang balapan F1 GP Belgia.

Lewis Hamilton pun merasakan kemenangan ke-105 sepanjang kariernya di ajang balap jet darat. Sementara Oscar Piastri naik ke urutan kedua, plus Charles Leclerc berhak finis ketiga. 

Bos Mercedes, Toto Wolff menerima hukuman ini namun tidak membeberkan secara detail apa yang membuat berat mobil Russell tidak sesuai regulasi usai balapan. 

"Anda harus menerimanya dengan lapang dada. Inilah yang terjadi, sebuah kesalahan telah terjadi," ujar Wolff. 

 

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Kekurangan Berat 1,5 Kg

Sekitar satu jam setelah balapan, FIA mengumumkan bahwa setelah melakukan prosedur pemeriksaan pasca-balapan, mobil George Russell diketahui mengalami kekurangan berat 1,5 kg.

Tidak mengherankan jika Russell dikeluarkan dari hasil akhir balapan, dan memberikan kemenangan kepada Hamilton.

Keterangan resmi dari steward F1 menuliskan: "Mobil 63 ditimbang menggunakan timbangan dalam dan luar FIA dengan kedua timbangan menunjukkan hasil yang sama yaitu 796,5 kg. Kalibrasi kedua timbangan telah dikonfirmasi dan disaksikan oleh kompetitor.

"Selama sidang, perwakilan tim mengonfirmasi bahwa pengukuran sudah benar dan semua prosedur yang diperlukan telah dilakukan dengan benar. Tim juga mengakui bahwa tidak ada kondisi yang meringankan dan bahwa itu adalah kesalahan murni dari tim."

"Stewards memutuskan bahwa Pasal 4.1 dari Peraturan Teknis Formula 1 FIA telah dilanggar dan oleh karena itu hukuman standar untuk pelanggaran semacam itu perlu diterapkan."

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer