Sukses


Buruknya Kualitas Sungai Seine Mengancam Cabor Triathlon, Panitia Olimpiade 2024 Paris Pede Bisa Menyulap Air Jadi Bersih

Bola.com, Jakarta - Porsi berenang pada rangkaian 'gladiresik' triathlon Olimpiade 2024 Paris dibatalkan karena kekhawatiran tentang kualitas air di Sungai Seine. Namun demikian, pemerintah kota Paris dan panitia mengatakan mereka yakin bahwa para atlet akan baik-baik saja.

Triathlon putra dijadwalkan pada hari Selasa (30/7/2024), sedangkan putri akan bertanding pada hari Rabu. Para atlet triatlon seharusnya memiliki kesempatan untuk membiasakan diri dengan gladiresik pada hari Minggu, namun penyelenggara mengatakan mereka menghentikan kompetisi renang tersebut setelah perwakilan dari World Triathlon, otoritas kota dan regional, serta pengambil keputusan lainnya bertemu untuk membahas tes kualitas air.

Kualitas air di Sungai Seine terkait erat dengan cuaca. Setelah hujan lebat turun selama upacara pembukaan Olimpiade dan berlanjut pada hari Sabtu, uji coba renang di sungai tersebut dibatalkan. Dengan tidak adanya hujan lagi dalam perkiraan, pemerintah kota mengatakan mereka mengharapkan atlet akan mendapatkan pengalaman unik balapan di Seine.

"Kami telah melihat dinamika Sungai Seine selama beberapa minggu terakhir, dan itulah yang membuat kami percaya diri," Wakil Walikota Paris Antoine Guillou mengatakan pada konferensi pers hari Minggu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kepercayaan Panitia

Panitia Olimpiade 2024 Paris juga menggemakan kepercayaan Pemerintah Kota Paris.

"Kami masih sangat yakin dengan ramalan cuaca untuk 48 jam ke depan, kualitas air akan meningkat," kata juru bicara Paris 2024 Anne Descamps.

"Berkat semua pekerjaan yang telah dilakukan oleh pemangku kepentingan publik kami, kami melihat kualitas air Sungai Seine telah meningkat secara signifikan."

3 dari 3 halaman

Atlet Optimistis

Namun, para atlet triatlon telah menyatakan harapannya bahwa air akan cukup bersih untuk mereka berenang.

"Kita semua telah meningkatkan penyerapan probiotik, yang menurut saya merupakan cara terbaik untuk memastikan bahwa kita memiliki usus yang kuat dan kita dapat menahan segala jenis penyakit yang mungkin menimpa kita," katanya.

Seth Rider, atlet triatlon Amerika lainnya, mencatat bahwa mereka berpartisipasi dalam acara uji coba di sungai tahun lalu tanpa insiden.

"Kami benar-benar berlomba di sini tahun lalu di acara uji coba, dan saya tidak berpikir ada yang sakit setelah balapan, jadi itu tidak bisa dikatakan tentang semua balapan yang kami lakukan," katanya.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer