Sukses


Ramaikan Olimpiade 2024, Royke Lumowa Bersepeda Jakarta - Paris: Tempuh 20.000 Km dan Lintasi 44 Negara, Sepeda Pernah Hilang

Bola.com, Paris - Royke Lumowa merampungkan misinya bersepeda dari Jakarta hingga Paris, venue Olimpiade 2024. Ia akhirnya tiba di Paris dan mendapat sambutan meriah.

Tiba di Club France, Grande Halle de La Villete, Royke Lumowa disambut Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari dan Presiden Union Cycling International (UCI) yang juga Presiden NOC Prancis David Lappartient, Senin (29/7/2024).

Dalam penyabutan tersebut juga hadir Duta Besar Indonesia untuk Prancis, Mohamad Oemar, Vice President NOC Prancis, Joseph Pierre Luc Tardif, serta perwakilan dari federasi internasional cabang olahraga.

"Dengan bangga, kami menyambut Anda di Paris pada hari ini. Selamat datang di Paris, Selamat datang di Olimpiade Paris," ucap David Lappartient, seperti dikutip dari rilis NOC. 

Okto, sapaan akrab Raja Sapta Oktohari, menyebut Royke menghabiskan waktu 387 hari atau 1 tahun 21 hari untuk sampai di Paris.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Lintasi 2 Benua

Royke yang juga mantan Kapolda Sulawesi Utara itu, menempuh jarak lebih dari 20 ribu kilometer dan melintasi 44 negara dari 2 benua, Asia dan Eropa dengan mengusung misi “Cycling Anywhere to Save the Earth” lewat bersepeda.

"Kami bersyukur, kami berterima kasih karena hari ini kita diberikan kesempatan untuk melakukan hal yang sangat bersejarah, hal yang sangat besar, yaitu menyambut Jendral Royke yang naik sepeda dari Jakarta sampai Paris, melewati 44 negara untuk menyambut Olimpiade Paris 2024,” ungkap Okto.

"Thank you to President NOC of France David Lappartient yang telah menyambut Bang royke sekaligus juga menyajikan ini di tengah-tengah aktivitas Rumah Prancis. Ada pencak silat dan kebudayaan Reog Ponorogo yang mendapat sambutan begitu luar biasa dari masyarakat yang datang ke Rumah Prancis ini," imbuhnya.

 

3 dari 3 halaman

Tantangan di Perjalanan

Sementara itu, Royke menyebut begitu banyak tantangan yang dilaluinya sepanjang perjalanan, mulai dari cuaca, medan, pengurusan visa dan kesehatan. Termasuk ketika sepeda yang ditungganginya hilang dicuri ketika melintas di Roma, Italia.

"Saya masih tegar berdiri sampai hari ini, kalau hanya mengandalkan kekuatan, tidak cukup, ditambah dengan keberanian juga tidak cukup, harus ada sedikit gila, kalau tidak, mungkin misi ini tidak akan berhasil. Kalau saya cepat putus asa, saya udah lama berhenti," ujar Royke.

"Misi saya to save the earth, makanya judul utamanya cycling anywhere to save the earth. Saya ingin menyampaikan ke dunia ayo kita menyelamatkan bumi, apa pun bentuknya. saya menyampaikan kepada dunia untuk menyelamatkan bumi, di samping juga perdamaian bangsa dan mensukseskan Olimpiade Paeis 2024 dan memprosikan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olympic Youth 2030 dan Olimpiade 2036," jelasnya.

Video Populer

Foto Populer