Sukses


Kepanasan, Kontingen Indonesia Pasang AC Sendiri di Kampung Atlet Olimpiade 2024: Mandiri Banget, karena Penyelenggara Tak Menyediakan

Bola.com, Paris - Atlet-atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024 sudah bisa beristirahat dengan nyaman di Kampung Atlet di Paris. Kamar mereka di sana kini sudah dipasangi pendingin ruangan atau AC. 

Pemasangan AC di kamar-kamar atlet Tanah Air diunggah melalui akun Instagram resmi kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024, yaitu @timindonesiaofficial.

Tim Indonesia memasang AC sendiri di kamar-kamar atlet karena cuaca di Paris panas, sedangkan pihak penyelenggara tidak menyediakan pendingin ruangan karena alasan mengurangi emisi gas rumah kaca secara drastis alias ramah lingkungan. 

Dalam vidio yang diunggah tersebut, terlihat kontingen Indonesia mendatangkan beberapa unit AC portabel, untuk kamar-kamar atlet. Di video yang diunggah, AC tersebut salah satunya dipasang di kamar ganda putra bulutangkis, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. 

Staf dari kontingen Indonesia dibantu oleh volunteer dalam pemasangan AC tersebut. "Karena cuaca di Paris lagi panas, karena musim panas, makanya kita butuh AC," kata seorang staf dari tim Indonesia yang melakukan pemasangan AC. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kamar Sempit, Jadi Perlu Diubah Tata Letaknya

Pemasangan AC portabel tersebut ternyata tidak mudah, karena ukuran kamar AC, termasuk yang ditempati Fajar/Rian, lumayan sempit. Alhasil, tim Indonesia harus mengubah tata letak ruangan untuk penempatan AC. 

"Nanti kalau Indonesia (bisa jadi tuan rumah Olimpiade) 2036, jangan sempit-sempit ya kamarnya," kata Fajar. 

AC portabel tersebut diletakkan di dekat jendela kamar Fajar/Rian. Staf tim Indonesia harus menutup lubang-lubang ventilasi di jendela supaya udara dari luar tidak masuk ke dalam dan AC berfungsi maksimal. 

"Ya, kita coba dulu. AC-nya sudah terpasang dan dingin. Selamat beristirahat," kata staf tersebut. 

 

3 dari 3 halaman

Alasan Penyelenggara Olimpiade 2024 Tak Pasang AC

Mengapa penyelanggara Olimpiade Paris 2024 tidak menyediakan AC di kamar-kamar atlet? Padahal, saat ini sedang musim panas di Prancis sehingga cuacanya pun panas. Paris juga pernah dilanda gelombang panas ekstrem pada tahun lalu. 

Wali Kota Paris, Anne Hidalgo, empat bulan lalu mengatakan keputusan tidak memasang AC tersebut dengan alasan lebih ramah lingkungan. 

"Kampung atlet dirancang untuk menghindari kebutuhan akan pendingin udara, bahkan dalam suhu yang sangat tinggi, agar suhu tetap nyaman," kata Hidalgo. 

Ternyata, kenyataan tak sesuai rencana. Bukan hanya Indonesia yang memutuskan memasang AC sendiri di kampung atlet, tetapi juga kontingen dari beberapa negara lainnya, termasuk Amerika Serikat. 

Sumber: Tim Indonesia 

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer