Sukses


Serba Pertama di IBL 2024: Termasuk Final Home and Away

Bola.com, Jakarta - Indonesia Basketball League (IBL) 2024 memiliki konsep yang menarik. Sejak awal musim diberlakukan sistem home and away.

Sistem kandang dan tandang itu pun tetap dipertahankan hingga babak final. Satria Muda dan Pelita Jaya yang akan berlaga di partai puncak memiliki kesempatan bermain di hadapan pendukung sendiri.

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah mengatakan format kandang dan tandang di final 2024 adalah kali pertama dalam sejarah liga bola basket itu.

Menurut Junas Miradiarsyah, format itu akan memberikan pengalaman baru bagi para peserta. Terutama sensasi bermain di hadapan pendukung sendiri.

"Format ini belum pernah terjadi sebelumnya. Ini pengalaman baru bagi peserta. Mereka bisa bertanding di hadapan pendukung sendiri," ujar Junas.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Membangun Ekosistem

Penggunaan sistem kandang dan tandang di IBL 2024 bukan tanpa tujuan. Ekosistem olahraga yang terbangun adalah tujuan utama dari penggunaan format itu.

Tim peserta IBL 2024 pun dinilai bisa semakin memaksimalkan pendapatan dengan kehadiran fans saat bermain di kandang sendiri.

"Tujuannya agar bisa berkembang secara market, mulai dari pendukung maupun dari sisi ekonomi. Ekosistem olahraganya pun bisa terbangun.

3 dari 4 halaman

El Clasico

Final IBL 2024 mempertemukan Satria Muda kontra Pelita Jaya. SM akan menjadi tuan rumah laga perdana yang akan digelar di Mahaka Square, Jakarta pada Kamis (1/8/2024).

Dua hari kemudian, Pelita Jaya akan mendapatkan giliran menjadi tuan rumah. Laga final kedua itu akan digelar di Indoor Stadium Sport Center Tangerang.

Laga ini kerap disebut sebagai El Clasico dunia basket profesional Indonesia. Meski soal torehan gelar juara, Satria Muda jelas lebih unggul.

Sejauh ini Satria Muda sudah 11 kali menjadi juara IBL. Sementara Pelita Jaya baru sekali menjadi juara yakni pada edisi 2017.

4 dari 4 halaman

Jadwal Final IBL 2024

Kamis, 1 Agustus 2024 Pukul 19.00 WIB

  • Satria Muda Vs Pelita Jaya (Mahaka Square)

Sabtu, 3 Agustus 2024 Pukul 19.00 WIB

  • Pelita Jaya Vs Satria Muda (Indoor Stadium Sport Center Tangerang)
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer