Sukses


9 Cara Mengatasi Sakit Perut karena Makan Pedas

Bola.com, Jakarta - Sakit perut akibat mengonsumsi makanan pedas merupakan pengalaman yang umum dialami oleh banyak orang.

Kendati rasa pedas sering kali menambah kenikmatan pada makanan, tetapi efek samping, seperti sakit perut, dapat mengganggu kenyamanan dan aktivitas sehari-hari.

Itulah mengapa, penting untuk mengetahui cara-cara efektif untuk mengatasi sakit perut yang disebabkan oleh makanan pedas.

Mulai langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan di rumah, hingga tips mencegah rasa sakit sebelum mengonsumsi makanan pedas.

Dengan mengetahui cara-cara ini, kamu dapat menikmati makanan pedas tanpa harus khawatir dengan efek samping yang mengganggu.

Berikut sembilan cara mengatasi sakit perut sakit perut karena makan pedas, Kamis (1/8/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sakit Perut karena Makan Pedas

1. Minum Susu atau Produk Susu

Susu dan produk susu seperti yoghurt mengandung kasein, sebuah protein yang dapat membantu mengikat capsaicin, senyawa yang menyebabkan rasa pedas.

Minum susu setelah makan pedas dapat membantu menetralkan rasa pedas di perut dan meredakan sakit perut. Selain itu, yoghurt juga memiliki probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan.

2. Konsumsi Makanan dengan Karbohidrat

Mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat seperti roti, nasi, atau kentang dapat membantu menyerap capsaicin di perut.

Karbohidrat bekerja seperti spons yang menyerap minyak dan racun dari makanan pedas sehingga dapat mengurangi iritasi pada lambung dan meredakan sakit perut.

3. Minum Air Hangat atau Teh Herbal

Air hangat atau teh herbal seperti chamomile dan peppermint dapat membantu meredakan sakit perut.

Teh peppermint, khususnya, memiliki sifat antispasmodik yang dapat mengurangi kejang perut dan meredakan rasa sakit. Chamomile juga dikenal memiliki efek menenangkan pada sistem pencernaan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sakit Perut karena Makan Pedas

4. Hindari Minuman Bersoda dan Kafein

Minuman bersoda dan berkafein dapat memperburuk sakit perut akibat makanan pedas karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Sebaiknya hindari minuman ini dan gantilah dengan air putih atau teh herbal yang lebih menenangkan bagi perut.

5. Konsumsi Madu

Madu memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu menenangkan perut yang teriritasi akibat makanan pedas.

Kamu bisa mengonsumsi satu sendok makan madu langsung atau mencampurkannya dengan air hangat untuk meredakan sakit perut.

6. Menggunakan Jahe

Jahe dikenal sebagai rempah yang memiliki banyak manfaat untuk sistem pencernaan. Mengunyah sepotong kecil jahe segar atau minum teh jahe dapat membantu meredakan sakit perut dan mual.

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mempercepat pencernaan.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sakit Perut karena Makan Pedas

7. Beristirahat dan Hindari Aktivitas Berat

Setelah mengonsumsi makanan pedas, beristirahatlah sejenak dan hindari aktivitas berat yang dapat memperburuk sakit perut.

Berbaring dengan posisi yang nyaman dapat membantu mengurangi ketegangan pada perut dan mempercepat pemulihan.

8. Gunakan Kompres Hangat

Mengompres perut dengan handuk hangat dapat membantu meredakan sakit perut. Panas dari kompres akan membantu melancarkan aliran darah dan merelaksasi otot-otot perut yang tegang sehingga mengurangi rasa sakit.

9. Konsumsi Probiotik

Probiotik seperti yang terdapat dalam yoghurt atau suplemen probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus.

Mengonsumsi probiotik secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko sakit perut akibat makanan pedas.

 

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer