Sukses


Darts National Competition Series 4 Akan Menjadi Kualifikasi PDC Asia Championship Indonesia

Bola.com, Jakarta - Darts National Competition 2024 akan memasuki series keempat yang akan diselenggarakan di Bay Walk Mall, Pluit pada 17-18 Agustus 2024.

Pelaksanaan satu-satunya kompetisi steel tip darts tingkat nasional di Indonesia yang digagas oleh Indonesia Entertainment Group (IEG), salah satu sub holding media di bawah PT Surya Citra Media milik EMTEK Group ini, ternyata mendapatkan perhatian dan atensi yang besar dari Professional Darts Corporation (PDC).

Organisasi dunia darts yang berbasis di Essex, Inggris, PDC, adalah pengembang dan penyelenggara berbagai event darts kelas dunia mulai dari PDC World Darts Championship, World Grand Prix, World Series of Darts, hingga Grand Slam of Darts. PDC World Ranking menjadi acuan utama untuk pemeringkatan para pemain darts dunia.

“Kami membangun komunikasi dengan berbagai pihak baik itu lokal, regional maupun level dunia untuk pengembangan darts sebagai sebuah cabang olahraga di Indonesia. PDC adalah salah satu mitra strategis yang diharapkan dapat menjadi mentor bagi kita karena reputasi dan track record yang sudah sangat mendunia," kata GM Content and Business Development IEG, Belafonti, menjelaskan komunikasi yang sudah terjalin dengan PDC. 

"Kalau membahas darts maka kita pasti akan bicara tentang PDC. Kami mempersentasikan perkembangan darts di Indonesia berikut juga beberapa project yang sedang dan akan kami jalankan. Respons yang diberikan oleh PDC sangat positif. Mereka membuka diri menjadi mitra IEG untuk pengembangan olahraga darts di Indonesia,” imbuh Belafonti. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tahap Penentuan Pemain

Sebagai langkah awal dalam kerjasama partnership, maka IEG sebagai penyelenggara Darts National Competition 2024 ditunjuk sebagai pihak penyelenggara kualifikasi PDC Asian Championship 2024 Indonesia. Ini akan menjadi tahapan penentuan pemain yang akan dikirim mewakili Indonesia di PDC Asian Championship 2024 yang akan diselenggarakan di Manila, Philpina, pada 17-20 Oktober 2024.

PDC Asian Championship adalah kejuaraan steel tip darts tingkat Asia yang diselenggarakan oleh Professional Darts Corporation (PDC). Babak utama PDC Asian Championship akan diikuti oleh 48 Pemain darts Asia yang secara sederhana penentuannya terbagi menjadi tiga kluster.

Sebanyak 16 pemain diambil dari peringkat pertama hingga posisi enam belas dari PDC Asia Tour Order of Merit. Kemudian 16 pemain lain diambil dari utusan negara yang menyelenggarakan babak kualifikasi dan 16 lainnya dari on stage qualify yang akan diselenggarakan di Manila pada 17 dan 18 Oktober 2024.

Total hadiah yang disediakan bagi para pemain di PDC Asian Championship 2024 adalah 120.000 dolar AS.

 

3 dari 4 halaman

Pembuka Kerja Sama

Reza El Rasie, Project Manager Darts National Competition 2024, menjelaskan PDC akhirnya setuju untuk mengadopsi Darts National Competition 2024 sebagai event kualifikasi untuk penentuan satu pemain yang secara otomatis akan mewakili Indonesia di babak utama PDC Asian Championship 2024.

“PDC menyerahkan kepada IEG untuk teknis penentuan pemain yang akan mewakili Indonesia di PDC Asian Championship 2024 Manila, Philipina. Kami dari IEG kemudian menawarkan Darts National Competition 2024 untuk diadopsi sebagai kualifikasi," kata Reza. 

"Patokannya adalah IEG Darts Player Ranking sehingga pemain yang paling banyak mendapatkan point dari Darts National Competition 2024 Series pertama hingga Series keempat berhak untuk mewakili Indonesia di babak utama PDC Asian Championship 2024."

"Apabila pemain di peringkat pertama berhalangan atau mengundurkan diri maka pemain yang berada di urutan kedua otomatis akan menjadi pengganti, dan seterusnya. Ini diterima oleh PDC dan menjadi langkah pertama sekaligus pembuka kerja sama IEG dan PDC.”

 

 

4 dari 4 halaman

Siapakah Wakil Indonesia?

Siapakah yang akan menjadi wakil Indonesia di PDC Asian Championship 2024 Manila, Philipina? Hingga penyelenggaraan Darts National Competition Series 03, Tirta Suparjo masih memimpin IEG Darts Player Ranking dengan 1940 point.

Di tempat kedua, ada Benny Tandean dengan 1028 Point kemudian Jordhie Indra dengan 785 poin. Suwendi ada di poisisi keempat dengan 734 poin.

Sementara William Lee dan Samuel Valerian ada di posisi kelima dan keenam dengan masing- masing 514 point dan 418 poin. Mengingat system poin yang ada di IEG Darts Player Ranking sangat dinamis dengan adanya penalty and reward point, maka posisi IEG Darts Player Ranking ini tentunya masih berpeluang berubah.

Alhasil, Darts National Competition 2024 Series 04 yang akan dilaksanakan di Bay Walk Mall Pluit pada 17 dan 18 Agustus 2024 mendatang akan memiliki bobot nilai khusus karena akan menjadi kompetisi pamungkas untuk memperebutkan satu tiket ke babak utama PDC Asian Championship 2024 Manila, Philipina.

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer