Sukses


Olimpiade Paris 2024: Atlet Triathlon Asal Belgia Sakit dan Mengundurkan Diri setelah Berenang di Sungai Seine

Bola.com, Paris - Claire Michel, yang berkompetisi di triathlon putri Olimpiade Paris 2024 pekan lalu, jatuh sakit. Komite Olimpiade Belgia belum merinci kondisinya, namun muncul kekhawatiran terhadap kualitas air di Sungai Seine, tempat berlangsungnya bagian renang triathlon.

Belgia menarik diri dari triathlon estafet nomor campuran Olimpiade setelah seorang atlet yang berenang di Sungai Seine jatuh sakit.

"Claire Michel sayangnya sakit dan harus mengundurkan diri dari kompetisi", kata Komite Olimpiade dan Antarfederal Belgia pada Minggu (4/8/2024) pagi waktu setempat.

Michel dibawa ke sebuah klinik di Kampung Olimpiade dan tinggal di area akomodasi para atlet pada Minggu malam.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tidak Dirinci Sakit karena Apa

Belgia tidak merinci penyakit Michel tetapi penarikan tim terjadi setelah pertanyaan tentang kualitas air Sungai Seine. Michel berkompetisi di triathlon putri pada hari Rabu, finis di urutan ke-38.

Menjelang acara triathlon individu minggu lalu, kekhawatiran mendorong penyelenggara untuk menunda perlombaan putra satu hari dan membatalkan porsi renang dari dua tes lari.

Uji coba renang yang dijadwalkan pada hari Sabtu dan Minggu juga dibatalkan karena kadar bakteri di dalam air.

Namun penyelenggara mengonfirmasi pada Minggu malam bahwa triathlon estafet campuran akan dilanjutkan pada pukul 8 pagi pada hari Senin setelah tes air ditinjau.

3 dari 4 halaman

Banyak Bakteri

Saat tes kualitas air, ditemukan banyak bakteri feses, termasuk E. coli, di perairan Seine.

Pedoman keamanan air World Triathlon dan arahan Uni Eropa tahun 2006 menetapkan nilai kualitatif pada berbagai tingkat E. coli.

Berdasarkan pedoman World Triathlon, kadar E. coli hingga 1.000 unit pembentuk koloni per 100 mililiter dapat dianggap "baik" dan memungkinkan kompetisi dapat dilanjutkan.

4 dari 4 halaman

Jadi Pembelajaran

Tim Olimpiade Belgia merilis pernyataan yang mengatakan laporan Michel berada di rumah sakit selama empat hari tidak benar.

Tim tersebut juga mengatakan bahwa mereka "berharap pelajaran dapat dipetik untuk kompetisi triathlon di Olimpiade mendatang".

"Kami berpikir di sini tentang jaminan, hari kompetisi dan format kompetisi, yang harus diklarifikasi terlebih dahulu dan memastikan bahwa tidak ada ketidakpastian bagi para atlet, rombongan dan pendukung."

Penyelenggara Olimpiade Paris 2024 mengatakan mereka berharap Michel cepat pulih dan akan mencari informasi terkini secara berkala mengenai kesehatan mereka.

"Paris 2024 ingin mengingatkan semua orang bahwa kesehatan dan kesejahteraan atlet adalah prioritas utama kami."

"Sehubungan dengan kompetisi yang diadakan di Seine, tes kualitas air dilakukan setiap hari dan keputusan apakah akan melanjutkan acara diambil oleh Federasi Internasional, World Triathlon, berkoordinasi dengan Paris 2024, dan berdasarkan hasil dan serangkaian kriteria."

Sumber: Sky Sports

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer