Sukses


Olimpiade 2024: Bertanding saat Kondisi Tidak Fit, Eko Yuli Minta Maaf Gagal Persembahkan Medali untuk Indonesia

Bola.com, Paris - Lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan, tak berhasil mempersembahkan medali untuk Indonesia di Olimpiade 2024 Paris. Ternyata Eko Yuli bertanding dalam kondisi tidak fit dan meminta maaf karena gagal mempersembahkan medali Olimpiade kelima dalam kariernya.

Bertanding di cabor angkat besi nomor 61 kg putra, Eko Yuli mengawali kiprahnya dengan cukup baik di angkatan snatch. Sempat gagal melakukan angkatan pertama 135 kg,  Eko Yuli berhasil di angkatan kedua dengan beban yang sama.

Namun, ketika menaikkan angkatan menjadi 139 di percobaan terakhir, Eko Yuli harus puas dengan 135 kg angkatan snatch yang membuatnya berada di posisi kedua.

Sayangnya, Eko Yuli gagal melakukan tiga percobaan angkatan clean and jerk dengan beban 162 kg. Bahkan percobaan ketiga dengan 165 kg, Eko Yuli sampai terjatuh setelah gagal melakukan angkatan dan langsung memegang paha kanan yang mengindikasikan dirinya mengalami cedera.

Ternyata Eko Yuli memang dalam kondisi tidak fit. Ia mengaku bahwa ada cedera yagn belum tuntas, plus ada yang baru juga dialaminya dalam sebulan terakhir.

"Saya tampil dengan kondisi yang tidak 100 persen. Cedera kaki saya belum sembuh tuntas. Lutut saya sudah dari tahun lalu, kalau yang paha samping kanan baru satu bulan lalu," kisah Eko Yuli.

"Saya meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia karena belum bisa memberikan medali. Namun, saya sudah mencoba untuk mengeluarkan semua kemampuan saya sampai titik darah terakhir," lanjut lifter andalan Indonesia itu.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kondisi Tidak Terlalu Parah dan Apresiasi dari CdM

Terkait kondisi Eko Yuli, Dokter tim Indonesia, Andhika Raspati, mengaku bahwa kondisi Eko tidak terlalu parah. Meski sempat pincang, Eko dipastikan kemudian baik-baik saja.

"Tadi Eko memang merasa ada masalah di paha samping kanan, sudah sekitar sebulan lalu. Tadi sempat ditawarkan untuk dibawa pakai ambulans, tetapi Eko tidak mau. Kondisinya tidak separah itu, dia masih bisa jalan," ujar Dokter Dhika.

Sementara itu, Chef de Mission (CdM) Anindya Bakrie mengapresiasi penampilan Eko meski tak pulang membawa medali buat Tim Indonesia.

"Tadi selesai pertandingan saya sempat ketemu Eko, dia bilang mohon maaf belum bisa kasih yang terbaik. Kita lihat sendiri perjuangannya sampai titik darah penghabisan," ujar Anin.

"Eko juga senior tidak muda lagi, lawannya usianya masih muda-muda. Kita terima kasih ke Mas Eko yang sudah tampil di olimpiade kelima," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Olimpian Legendaris Indonesia

Eko Yuli merupakan olimpian dengan empat medali dari empat edisi Olimpiade berbeda. Pada debutnya di Olimpiade Beijing 2008, lifter asal Lampung itu meraih medali perunggu.

Pada Olimpiade London 2012, Eko kembali meraih perunggu. Untuk kali ketiga tampil di Olimpiade, Rio de Janeiro 2016, Eko berhasil meraih perak dan mengulang capaiannya di Tokyo 2020.

Medali emas di kelas 61 kg direbut Li Fabin dari China dengan total angkatan 310 kg sekaligus memecahkan rekor snatch 143kg atas namanya sendiri.

Medali perak diraih Theerapong Silachai dari Thailand dengan total angkatan 303 kg dan perunggu direbut wakil USA Morris Hampton 298 kg.

 
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer