Sukses


Mengenal Veddriq Leonardo: Sang Spiderman Penyumbang Medali Emas Perdana Indonesia di Olimpiade 2024 Paris

Bola.com, Paris - Veddriq Leonardo menjadi pahlawan Indonesia. Melesat bak Spiderman ketika melakukan panjatan, Veddriq menyumbangkan medali emas perdana bagi Indonesia di Olimpiade 2024 dari cabang olahraga panjat tebing.

Turun dalam nomor speed climbing putra di Le Bourget Sport Climbing Venue, Paris, Kamis (8/8/2024) sore WIB, Veddriq Leonardo tampil hebat. Pada final, atlet berusia 27 tahun tersebut mengalahkan wakil China, Wu Peng, dengan catatan waktu 4,75 detik.

Veddriq Leonardo lahir di Pontianak pada 11 Maret 1997. Dilansir dari situs resmi Olimpiade, Veddriq mulai berkenalan dengan dunia panjat tebing saat duduk di bangku SMA.

Ada satu sosok kakak kelas yang memperkenalkan olahraga panjat tebing kepada Veddriq Leonardo. Sejak level SMA, Veddriq pun sudah rutin mengikuti kejuaraan.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Boulder dulu

Veddriq Leonardo sebenarnya lebih dulu berkenalan dengan nomor boulder. Seiring berjalannya waktu, sosok kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat itu beralih ke nomor speed.

Di nomor itu prestasi Veddriq Leonardo semakin mentereng. Ia pun mulai berprestasi baik di level nasional dan internasional.

Sejauh ini Veddriq Leonardo sudah meraih enam kali gelar juara dunia. Catatan yang sangat luar biasa tentu saja.

3 dari 3 halaman

Penyelamat Wajah Indonesia

Veddriq Leonardo juga bisa dikatakan sebagai penyelamat wajah Indonesia di Olimpiade 2024 Paris. Sebab, ia adalah peraih medali emas pertama bagi Tim Indonesia di ajang itu.

Sebelumnya, Indonesia baru meraih satu medali perunggu yang disumbangkan oleh Gregoria Mariska Tunjung di nomor tunggal putri bulutangkis.

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer