Sukses


Presiden Jokowi Beri Selamat ke Veddriq Leonardo: Kebanggaan Baru bagi Indonesia

Bola.com, Paris - Presiden Joko Widodo memberikan ucapan selamat kepada Veddriq Leonardo atas keberhasilan merengkuh medali emas Olimpiade Paris 2024, Kamis (8/8/2024). Dia menyebut Veddriq sebagai atlet kebangsaan bangsa. 

Keberhasilan Veddriq Leonardo meraih medali emas Olimpiade 2024 terasa spesial. Itu adalah medali emas perdana Indonesia di Olimpiade Paris.

Sebelumnya, Tim Indonesia hanya mampu mendulang medali perunggu dari cabang olahraga bulutangkis. Medali tersebut disumbangkan Gregoria Mariska Tunjung, setelah sang lawan Carolina Marin harus mundur akibat cedera.

Tak heran, keberhasilan Veddriq disambut gegap gempita oleh masyarakat Indonesia. Presiden Jokowi juga memberikan apresiasi khusus.  

"Olimpiade Paris 2024 membawa kebanggaan baru bagi Indonesia berkat Veddriq Leonardo, atlet panjat tebing kebanggaan bangsa, yang meraih medali emas Indonesia pertama di Olimpiade Paris 2024," tulis Jokowi melalui akun X miliknya. 

"Raihan ini sekaligus menjadi sejarah penyumbang emas pertama Indonesia dari cabang panjang tebing kategori speed wall climbing Olimpiade. Selamat!"

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kado Perayaan Kemerdekaan Indonesia

Veddriq Leonardo merasa sangat bahagia dan bangga bisa meraih medali emas Olimpiade 2024. Dia pun mendedikasikan medali tersebut sebagai kado perayaan kemerdekaan ke-79 Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

"Senang sekali, Alhamdulillah, terima kasih masyarakat Indonesia. Olahraga ini baru tapi diberi kepercayaan dan bisa dibuktikan dengan meraih emas. Bersyukur untuk pencapaian ini dan saya pun bangga atas pencapaian ini," kata Veddriq usai perlombaan.

"Medali emas ini berkah dan ini juga merupakan kerja keras, usaha, dedikasi semua tim pelatih, atlet, teman keluarga yang telah memberikan doa dan dukungan. Ini juga kado buat Indonesia di ulang tahun ke-79," imbuhnya dalam rilis dari NOC Indonesia.

3 dari 3 halaman

Bukan dari Bulutangkis

Prestasi Veddriq Leonardo ini menjadi sejarah tersendiri bagi Indonesia. Untuk kali pertama, Indonesia merengkuh medali emas Olimpiade bukan dari cabang bulutangkis!

Ya, delapan medali emas yang diraih Indonesia di Olimpiade dari edisi-edisi sebelumnya selalu berasal dari bulutangkis. Kali ini, bulutangkis gagal menjaga tradisi emas, seperti yang terjadi di Olimpiade London 2012.

"Indonesia harus berterima kasih dan bersyukur kita mendapat sejarah medali emas di luar bulutangkis," ujar CdM Indonesia Anindya Bakrie.

"Ini menandakan Indonesia bisa bersaing dengan siapapun, termasuk Amerika Serikat dan China. Ini akan menambah semangat walaupun pada akhir-akhir, masih ada Rizki Juniansyah, Bernard van Aert dan Nurul Akmal juga pasti bisa," lanjutnya. 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer