Sukses


Tersandung Kontroversi Gender, Imane Khelif Raih Emas Olimpiade 2024: Saya Wanita!

Bola.com, Jakarta - Petinju Aljazair yang sempat memantik kontroversi masalah gender, Imane Khelif sukses mengalahkan petinju China, Yang Liu, dalam perebutan medali emas kelas 66 kg cabor tinju Olimpiade 2024 Paris, Jumat (15/07/2024).

Imane Khelif mendapat sambutan hangat dari para penonton saat ia memasuki ring di Stadion Roland Garros untuk pertandingan keempatnya di Olimpiade. Bendera Aljazair terlihat berkibar di seluruh arena.

Imane Khelif pun berhak atas medali emas setelah menang dengan skor telak 5-0 atas Yang Liu. 

Mengutip situs Reuters, petinju berusia 25 tahun, sempat berkata untuk kesekian kalinya bahwa dirinya merupakan seorang wanita. 

"Medali emas ini adalah jawaban terbaik untuk kampanye sengit terhadap saya. Saya seorang wanita seperti wanita lainnya," kata Imane Khelif.

"Saya terlahir sebagai wanita dan saya telah hidup sebagai wanita, tetapi ada musuh yang menghalangi kesuksesan dan mereka tidak dapat mencerna kesuksesan saya," tambahnya. 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Imane Khelif Viral

Pertandingan Imane Khelif melawan wakil Italia, Angela Carini pada babak 16 besar kelas 66kg begitu ramai diperbincangkan dunia. 

Laga ini menjadi viral karena Angela Carini pilih mundur ketika ronde pertama baru berjalan 45 detik dan baru sekali menerima pukulan Imane Khelif tepat di muka. 

Diketahui Angela Carini pilih mundur karena mengendus seorang Imane Khelif adalah seorang transgender. 

Carini menangis usai kalah tapi respons media sosial sangat ramai usai aksi Imane Khelif viral di mana-mana.

Mayoritas mempertanyakan bagaimana bisa seorang Imane Khelif yang transgender bertanding melawan perempuan. Hal ini dianggap tidak adil. 

3 dari 3 halaman

Kelainan Hormonal

Namun seorang jurnalis, Sulaiman Ahmed memberikan penjelasan, Imane Khelif sebenarnya wanita tapi memang punya kelainan hormonal.

Sulaiman Ahmed berpendapat kelainan hormonal yang dialami Imane Khelif sangat wajar terjadi. 

"Petinju Aljazair terlahir sebagai seorang wanita. Imane adalah seorang wanita. Dia menderita hiperandrogenisme," tulis Sulaiman di akun X.  

"Itu merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan kadar androgen yang sangat tinggi dalam darahnya, yang menyebabkan peningkatan testosteron dan adanya kromosom XY. Ini adalah kelainan yang wajar," tambahnya. 

Video Populer

Foto Populer