Sukses


Nurul Akmal Bangga Bisa Berhijab di Atas Panggung Olimpiade 2024: Saya Orang Aceh dan Mau Menunjukkan ke Semua

Bola.com, Paris - Lifter Indonesia, Nurul Akmal, bangga bisa berhijab ketika berlaga dalam cabang olahraga (cabor) angkat besi Olimpiade 2024 Paris. Apa kata atlet berusia 31 tahun itu?

Amel, panggilan Nurul Akmal, mengungkapkan bahwa Olimpiade 2024 menjadi momen pertamanya mengenakan hijab ketika bertanding dalam angkat besi.

Nurul Akmal menjadi atlet terakhir Tim Indonesia yang berlomba di Olimpiade 2024. Dia bersaing dalam kelas 81kg+ putri di Paris Expo Porte de Versailles, Paris, pada Minggu (11/8/2024).

Nurul Akmal belum bisa menambah pundi-pundi medali Tim Indonesia di Olimpiade 2024. Sebab, lifter kelahiran Kabupaten Aceh Utara, Aceh, pada 12 Februari 1993 itu finis di peringkat ke-12.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Ungkapan Nurul Akmal

Nurul Akmal mencatatkan 105kg dalam angkatan snatch dan 140kg pada angkatan clean & jerk sehingga totalnya 245kg. Beberapa angkatannya juga tidak dihitung oleh juri.

"Ini pertama kali di atas panggung pakai hijab. Bangga baget walaupun ada isu larangan hijab di Olimpiade 2024, tapi Amel bisa pakai," ujar Nurul Akmal dalam keterangan tertulis yang dibagikan NOC Indonesia, Minggu (11/8/2024).

"Karena Amel orang Aceh, jadi mau menujukkan itu semua orang. Amel mau kasih tau kalau wanita berhijab itu lebih dihargai bahwa wanita muslim berhijab itu juga bisa tampil dan berprestasi di Olimpiade," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Lebih Nyaman di Paris 2024

Nurul Akmal juga membandingkan suasana Olimpiade 2020 Tokyo dengan 2024 Paris. Sewkatu di Tokyo, ia menempati ranking kelima dalam kelas 87kg+ putri.

"Beda banget antara Tokyo dengan Paris. Di sini banyak penonton dan semuanya suportif siapapun yang bermain didukung sama mereka. Hari ini Amel sudah berusaha semaksimal mungkin, mainnya enjoy," kata Nurul Akmal.

"Terima kasih semua yang sudah mendukung Amel. Banyak pelajaran yang bisa diambil. Amel bertemu lawan-lawan kelas dunia. Ke depan Amel harus lebih semangat dan lebih baik lagi," imbuhnya.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer