Sukses


Bikin Heboh, Tom Cruise Melompat dari Atap Parc des Princes pada Penutupan Olimpiade 2024

Bola.com, Paris - Olimpiade 2024 Paris telah resmi berakhir pada Senin (12/8/2024) dini hari WIB. Pada upacara penutupan, aktor Hollywood, Tom Cruise, membuat heboh dengan melompat dari atap Stade de France.

Closing ceremony Olimpiade 2024 Paris berlangsung santai dan hangat pada musim panas. Para atlet, diawali dengan pembawa bendera, memasuki lapangan untuk mengikuti rangkaian acara penutupan.

Lifter Rizki Juniansyah mendapat kehormatan untuk membawa bendera Indonesia. Rizki merupakan satu dari dua peraih medali emas Indonesia di Olimpiade tahun ini dari cabang olahraga angkat besi.

Turun di nomor 73 kg putra, Rizki berhasil melakukan total angkatan 354 kg, dengan perincian 155 kg untuk angkatan snatch dan 199 kg untuk angkatan clean and jerk.

Setelah para perwakilan atlet negara-negara peserta berada di tengah lapangan Stade de France, Ketua Olimpiade Paris, Tony Estanguet, dan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, memberikan pidato.

Setelah itu, bendera Olimpiade diserah terimakan dari Paris ke Los Angeles. Penyerahan bendera itu pun sekaligus menjadi penanda Olimpiade 2024 resmi ditutup, dan edisi berikutnya akan berlangsung di Los Angeles, Amerika Serikat.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Aksi Tom Cruise

Upacara penutupan Olimpiade 2024 yang dihalat selama 2 jam tersebut, turut dimeriahkan sejumlah artis-artis ternama, seperti band terkenal asal Prancis, Phoenix dan penyanyi asal Amerika Serikat, H.E.R.

Para atlet juga dihibur penampilan dari Billie Eilish, Snoop Dogg, dan Red Hot Chili Peppers yang tampil dari Los Angeles dalam pertunjukan langsung dan pra-rekaman. Aktor Tom Cruise kemudian membuat heboh closing ceremony Olimpiade 2024.

Cruise tiba-tiba disorot dan tengah berada di atas Stade de France. Dengan menggunakan tali pengaman, aktor berusia 62 tahun tersebut lantas melompat dari atap stadion menuju ke tengah lapangan.

Dia kemudian menyapa para atlet dan juga volunteer yang berada di lapangan. Tom Criuse kemudian naik ke atas panggung dan membawa bendera Olimpiade dengan sepeda motor.

Cruise lantas digambarkan membawa bendera tersebut mengelilingi kota Paris, menuju bandara, dan menaiki pesawat untuk membawanya ke Los Angeles. "Aku dalam perjalanan," kata Tom Cruise dalam video tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Amerika Serikat Juara Umum

Olimpiade edisi ke-33 berlangsung meraih selama 17 hari, dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Beragam perjuangan, keringat, drama, dan kontroversi mewarnai perhelatan Olimpiade 2024 Paris.

Amerika Serikat akhirnya resmi keluar sebagai juara umum di Olimpiade tahun ini. AS berhasil menyalip China dan menjadi juara umum karena punya medali perak lebih banyak.

Tim Negeri Paman Sam mengoleksi total 40 medali emas, 44 perak, dan 44 perunggu. Sementara itu, China mengemas 40 medali emas, 27 perak, dan 24 perunggu.

Posisi ketiga hingga kelima ditempati oleh Jepang, Australia, dan Prancis. Adapun peringkat keenam hingga 10 dihuni Belanda, Inggris Raya, Korea Selatan, Italia, dan Jerman.

 

4 dari 4 halaman

Posisi Ke-39

Di sisi lain, kontingen Indonesia berada di peringkat ke-39 klasemen perolehan medali Olimpiade 2024, dengan raihan dua medali emas dan satu medali perunggu. Posisi tersebut lebih baik dibandingkan edisi 2020 di Tokyo.

Ketika itu, Tim Indonesia harus puas menempati peringkat ke-55 dengan perolehan satu medali emas, satu medali perak, dan tiga medali perunggu.

Selain Rizki Juniansyah, medali emas Indonesia pada Olimpiade 2024 juga disumbangkan Veddriq Leonardo dari cabang olahraga panjat tebing. Adapun medali perunggu didapatkan Gregoria Mariska Tunjung dari cabang olahraga bulutangkis.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer