Sukses


Hadis dan Ayat Al-Qur'an tentang Keutamaan Berdoa

Bola.com, Jakarta - Berdoa bukan sekadar ucapan berupa keinginan dan harapan, melainkan sebuah ibadah yang sangat agung.

Berdoa adalah jalan langsung seorang hamba untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta, mengutarakan segala keinginan, harapan, dan keluhan.

Berdoa bukan hanya sekadar kebiasaan, tetapi juga sebuah kebutuhan spiritual. Melalui doa, kita mengakui ketergantungan kita pada Allah Swt. kita belajar bersabar, tawakal, dan ikhlas.

Berdoa juga melatih kita untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan. Selain itu, dalam Islam, berdoa dianggap sebagai senjata orang beriman.

Dengan berdoa, kita seolah-olah sedang menggerakkan takdir. Tentu saja, semua itu dengan izin Allah Swt. Intinya, berdoa adalah kunci untuk membuka pintu rezeki, kesehatan, kebahagiaan, dan keberkahan hidup.

Jadi, jangan ragu untuk selalu berdoa dalam setiap keadaan. Ingat, Allah Swt. selalu mendengarkan doa hamba-Nya. Al-Qur'an dan hadis Nabi Muhammad saw. begitu kaya akan anjuran untuk berdoa.

Berikut hadis dan ayat Al-Qur'an tentang keutamaan berdoa yang bisa dimaknai umat muslim, Senin (12/8/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Hadis tentang Keutamaan Berdoa

Hadis tentang Keutamaan Berdoa (1)

"Tidak ada yang menolak takdir kecuali doa." (HR. Ahmad, Ibnu Majah)

Hadis tentang Keutamaan Berdoa (2)

"Doa adalah senjata orang mukmin, tiang agama, dan cahaya langit-langit serta bumi." (HR. Abu Ya'la)

Hadis tentang Keutamaan Berdoa (3)

"Doa itu bermanfaat untuk apa yang sudah terjadi dan apa yang belum terjadi. Karena itu para hamba Allah Swt., hendaklah kalian berdoa." (HR. Hakim)

3 dari 5 halaman

Hadis tentang Keutamaan Berdoa

Hadis tentang Keutamaan Berdoa (4)

"Tidak ada yang dapat menolak takdir (ketentuan Allah) kecuali doa dan tidak ada yang bisa menambah umur kecuali berbuat kebaikan." (HR. Tirmidzi)

Hadis tentang Keutamaan Berdoa (5)

"Rasulullah saw. bersabda, 'Maukah kalian aku tunjukkan suatu perkara yang menyelamatkan kalian dari musuh kalian dan mempercepat datangnya rezeki kalian?' (Rasulullah melanjutkan), 'Maka, berdoalah pada tengah malam dan pada siang hari kalian, sebab hanya doa yang menjadi senjata ampuh orang beriman." (HR. Abu Ya'la)

4 dari 5 halaman

Ayat Al-Qur

Ayat Al-Qur'an tentang Keutamaan Berdoa (6)

اُدْعُوْا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَّخُفْيَةً ۗ

Artinya: Mohonlah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. (QS. Al-A'raf: 55)

Ayat Al-Qur'an tentang Keutamaan Berdoa (7)

قَالَ قَدْ أُجِيبَت دَّعْوَتُكُمَا فَٱسْتَقِيمَا وَلَا تَتَّبِعَآنِّ سَبِيلَ ٱلَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ

"Sungguh telah diterima doamu berdua (Musa dan Harun alaihissalam) yaitu tentang kebinasaan Fir'aun dan tentaranya maka hendaklah kamu berdua tetap istikamah (sabar dalam melanjutkan perjuangan dan terus berdoa), dan jangan mengikuti jejak orang-orang yang tidak mengerti (kekuasaan dan kebijaksanaan Allah)." (QS. Yunus 89)

5 dari 5 halaman

Ayat Al-Qur

Ayat Al-Qur'an tentang Keutamaan Berdoa (8)

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ

"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu." (QS. Al-Mu'min: 60)

Ayat Al-Qur'an tentang Keutamaan Berdoa (9)

أَمَّن يُجِيبُ ٱلْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ ٱلسُّوٓءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَآءَ ٱلْأَرْضِ ۗ أَءِلَٰهٌ مَّعَ ٱللَّهِ ۚ قَلِيلًا مَّا تَذَكَّرُونَ

"Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya)." (QS. an-Naml 62)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer