Sukses


Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

Bola.com, Jakarta - Teks Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan pada 17 Agustus 1945 oleh Ir. Soekarno merupakan momen puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan.

Teks Proklamasi penuh makna menjadi deklarasi resmi kemerdekaan Indonesia dari penjajahan, menandai lahirnya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

Penyusunan teks ini dilakukan dengan penuh kehati-hatian oleh para pemimpin bangsa, yang ingin memastikan bahwa proklamasi mencerminkan semangat persatuan dan keinginan rakyat Indonesia untuk berdiri sendiri sebagai sebuah bangsa.

Proklamasi dibacakan di kediaman Ir. Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta, di hadapan para tokoh pergerakan nasional dan rakyat yang hadir untuk menyaksikan momen bersejarah tersebut.

Kendati disusun dalam waktu singkat dan dalam situasi yang penuh ketidakpastian, isi Teks Proklamasi ini mampu menangkap esensi perjuangan panjang yang telah dilalui oleh bangsa Indonesia.

Teks Proklamasi juga menegaskan bahwa kemerdekaan yang diperoleh adalah hasil perjuangan sendiri, bukan pemberian dari pihak mana pun.

Sejak saat itu, teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terus diingat dan dijadikan landasan bagi pembangunan bangsa dan negara hingga kini.

Berikut ini isi Teks Proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 yang penting diketahui, Senin (12/8/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

TEKS P R O K L A M A S I

 

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05 Atas nama bangsa Indonesia.

 

Soekarno/Hatta.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer