Sukses


10 Contoh Paragraf Eksposisi Singkat Berbagai Topik

Bola.com, Jakarta - Pernahkah kamu membaca artikel yang memberikan informasi baru atau menjelaskan suatu hal secara detail? Nah, paragraf yang kamu baca itu kemungkinan besar adalah paragraf eksposisi.

Paragraf eksposisi adalah jenis paragraf yang dirancang khusus untuk menyampaikan informasi kepada pembaca. Adapun tujuan utama paragraf eksposisi adalah memperluas pengetahuan pembaca tentang suatu topik tertentu.

Paragraf eksposisi memiliki ciri khas yang membedakannya dengan jenis paragraf lainnya. Satu di antara ciri utamanya adalah sifatnya yang ilmiah atau nonfiksi. Hal ini berarti, informasi yang disampaikan dalam paragraf eksposisi harus berdasarkan fakta dan data yang akurat, bukan hanya opini atau perasaan pribadi penulis.

Sumber informasi paragraf eksposisi bisa sangat beragam, dari hasil pengamatan langsung, penelitian mendalam, hingga pengalaman pribadi. Yang penting, informasi tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Berbeda dengan jenis paragraf lainnya, paragraf eksposisi tidak selalu memiliki struktur yang baku. Tidak semua paragraf eksposisi harus terdiri dari bagian pembukaan, pengembangan, dan penutup. Struktur paragraf eksposisi akan disesuaikan dengan topik yang dibahas dan tujuan penulis.

Dengan demikian, paragraf eksposisi menjadi alat yang efektif dalam menyampaikan pengetahuan dan informasi karena dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan dan topik yang ingin dibahas. Fleksibilitas dalam struktur dan metode pengembangannya membuat paragraf ini relevan untuk berbagai jenis tulisan.

Itulah sedikit ulasan tentang paragraf eksposisi. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mencermati beberapa contohnya pada artikel di bawah ini.

Berikut 10 contoh paragraf eksposisi singkat berbagai topik yang jadi bahan belajar, Rabu (14/8/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat Berbagai Topik

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat (1)

Sebenarnya, bukan hanya ITS yang menawarkan rumah instan sehat untuk Aceh atau dikenal dengan Rumah ITS untuk Aceh (RI-A). Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman, Departemen Pekerjaan Umum juga menawarkan "Risha" alias Rumah Instan Sederhana Sehat. Modelnya hampir sama, gampang dibongkar pasang, bahkan motonya "Pagi Pesan, Sore Huni". Bedanya, sistem struktur dan konstruksi Risha memungkinkan rumah ini berbentuk panggung. Harga Risha sedikit lebih mahal, Rp20 juta untuk tipe 36. Akan tetapi, usianya dapat mencapai 50 tahun karena komponen struktur memakai beton bertulang, diperkuat pelat baja di bagian sambungannya. Kekuatannya terhadap gempa juga telah diuji di laboratorium sampai zonasi enam.

 

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat (2)

Banjir merupakan satu di antara bencana alam karena ulah manusia yang sering merusak alam seperti membuang sampah ke sungai, menebang hutan secara liar, dan membakar hutan untuk kepentingan pribadi. Faktor-faktor tersebut merupakan perilaku yang tak boleh dilakukan karena akan menyebabkan banjir, apalagi pada saat musim hujan.

3 dari 6 halaman

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat Berbagai Topik

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat (3)

Lidah buaya sudah dari dahulu digunakan oleh nenek moyang kita untuk pengobatan-pengobatan tradisional. Manfaat tanaman lidah buaya ini bukan hanya sebagai penyubur rambut, akan tetapi juga kesehatan tubuh. Tanaman ini berbentuk daun yang memiliki ciri seperti bentuk daun panjang dan tebal serta berwarna hijau.

 

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat (4)

Di dunia ini, tidak semua bidang bisa dikuasai oleh seorang anak. Seperti sebuah lemari yang tidak dapat menampung semua benda untuk disimpan di dalamnya. Karena itulah, sebaiknya orang tua atau guru mengarahkan anak untuk menguasai bidang yang mereka suka.

Contoh: Jika anak menyukai bidang menari. Maka, seharusnya anak bisa diarahkan kepada bidang tersebut. Dengan begitu, suatu saat kesukaan tersebut akan membuahkan kesuksesan bagi diri mereka.

4 dari 6 halaman

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat Berbagai Topik

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat (5)

Kerusakan lingkungan makin bertambah seiring berjalannya waktu. Namun, kenyataannya masih banyak masyarakat yang merusak alam. Keserakahan manusia memang membuat alam mengalami banyak kerugian dan kehilangan daya yang dimilikinya.

Bencana alam terjadi karena makin banyak manusia yang tidak peduli dengan lingkungan. Padahal, menjaga lingkungan alam sekitar adalah tindakan yang sangat penting dilakukan. Tujuannya tentu saja menciptakan masa depan lebih baik yang dapat dinikmati oleh anak cucu.

 

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat (6)

Pernahkan Anda menghadapi situasi tertentu dengan perasaan takut? Bagaimana cara mengatasinya? Di bawah ini ada lima jurus untuk mengatasi rasa takut tersebut. Pertama, persiapkan diri Anda sebaik-baiknya bila menghadapi situasi atau suasana tertentu; kedua, pelajari sebaik-baiknya bila menghadapi situasi tersebut; ketiga, pupuk dan binalah rasa percaya diri; keempat, setelah timbul rasa percaya diri, pertebal keyakinan Anda; kelima, untuk menambah rasa percaya diri, kita harus menambah kecakapan atau keahlian melalui latihan atau belajar sungguh–sungguh.

5 dari 6 halaman

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat Berbagai Topik

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat (7)

Sistem penamaan jenis-jenis kritik sastra bervariasi, bergantung pada pendekatan yang digunakan. Pendekatan moral menekankan pertalian karya sastra dengan wawasan moral dan agama.

Pendekatan historis, bekerja atas dasar lingkungan karya sastra berkaitan dengan fakta-fakta dari zaman dan hidup pengarang. Pendekatan impresionistik, yang menjadi ciri khas aliran sastra romantik, menekankan efek personil karya sastra pada kritikusnya.

 

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat (8)

Ejaan bahasa Indonesia dengan huruf Latin sudah beberapa kali mengalami perubahan yang disesuaikan dengan perkembangan bahasa dan penggunanya.

Mula-mulanya adalah ejaan Van Ophuisen yang disusun oleh Prof.Ch. Van Ophuisen pada pemerintahan Hindia Belanda. Selanjutnya, berlaku ejaan baru yang dikenal dengan nama ejaan Suwandi. Sedangkan ejaan yang berlaku sekarang adalah Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD).

6 dari 6 halaman

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat Berbagai Topik

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat (9)

Jeruk nipis bermanfaat untuk mengobati batuk. Buah kecil berwarna hijau ini mengandung minyak atsiri dan zat lainnya yang mampu mengendalikan otot pernapasan. Kandungan tersebut cukup efektif dalam meredakan batuk.

Selain mudah dijumpai, pengobatan batuk menggunakan jeruk nipis juga mudah dilakukan. Cara penggunannya, yakni dengan memotong jeruk menjadi dua bagian, kemudian peras dan masukkan airnya ke gelas atau mangkuk. Sebelum diminum, campur air perasan jeruk nipis dengan madu, kecap, atau gula untuk mengurangi rasa asamnya.

 

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat (10)

Media sosial telah menjadi bagian bagian penting dari kehidupan modern. Media sosial seperti Facebook, X, Instagram, dan lain-lain telah mengubah cara kita berkomunikasi, berinteraksi, dan mendapatkan informasi. Namun, media sosial memiliki dampak positif dan negatif yang perlu dipertimbangkan.

Dampak positifnya antara lain memperluas jaringan pertemanan, menyebarkan informasi secara cepat dan sarana berbagi pengalaman. Sementara dampak negatifnya antara lain rawan penyebaran hoaks, kecanduan, dan penyalahgunaan data pribadi.

 

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer