Sukses


Hadis dan Ayat Al-Qur'an tentang Menyayangi Hewan yang Bisa Direnungkan

Bola.com, Jakarta - Islam mengajarkan umatnya untuk memperlakukan semua makhluk dengan kasih sayang dan rasa hormat, termasuk menyayangi hewan.

Menyayangi hewan adalah bagian penting dari ajaran Islam yang tercermin dalam berbagai hadis dan ayat Al-Qur'an.

Di kehidupan sehari-hari, hal ini dapat diwujudkan melalui perlakuan yang baik, memberikan makanan yang layak, serta menjaga kesehatan hewan yang ada di sekitar kita.

Tidak hanya itu, perilaku tersebut juga mencerminkan kualitas iman seorang muslim yang mengakui keagungan penciptaan Allah Swt.

Maka itu, menjaga dan menyayangi hewan bukan hanya tindakan moral, tetapi juga merupakan bentuk ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah.

Berikut hadis dan ayat Al-Qur'an tentang menyayangi hewan yang bisa direnungkan, Jumat (16/8/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Hadis tentang Menyayangi Hewan

Hadis tentang Menyayangi Hewan (1)

"Seorang wanita dihukum karena mengurung seekor kucing sampai mati. Karena itu, dia masuk neraka. Dia tidak memberinya makan atau membiarkannya mencari makan sendiri." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Menyayangi Hewan (2)

"Seorang pria berjalan di jalan dan merasakan kehausan yang sangat. Dia menemukan sumur, lalu turun ke dalamnya dan minum. Ketika dia keluar, dia melihat seekor anjing yang kehausan menjilat-jilat tanah basah karena kehausan. Pria itu berkata, 'Anjing ini merasakan kehausan yang sama seperti yang aku rasakan'. Lalu dia turun kembali ke sumur dan mengambil air dengan sepatunya untuk memberi minum anjing itu. Karena perbuatannya itu, Allah mengampuni dosanya." (HR. Bukhari, Muslim)

3 dari 6 halaman

Hadis tentang Menyayangi Hewan

Hadis tentang Menyayangi Hewan (3)

"Siapa saja yang membunuh burung pipit dengan sia-sia maka burung itu akan mengadu kepada Allah pada hari kiamat dengan mengatakan: 'Ya Allah, sesungguhnya si fulan telah membunuhku tanpa tujuan dan tidak mengambil manfaat dariku'." (HR. An-Nasa’i)

Hadis tentang Menyayangi Hewan (4)

"Barang siapa yang menyayangi makhluk yang ada di bumi, niscaya yang ada di langit akan menyayanginya." (HR. Abu Dawud, Tirmidzi)

Hadis tentang Menyayangi Hewan (5)

"Allah melaknat orang yang menyiksa hewan dan memperlakukannya dengan sadis." (HR. Bukhari)

4 dari 6 halaman

Ayat Al-Qur’an tentang Menyayangi Hewan

Ayat Al-Qur'an tentang Menyayangi Hewan (1)

وَمَا مِنۡ دَآبَّةٍ فِى الۡاَرۡضِ وَلَا طٰۤٮِٕرٍ يَّطِيۡرُ بِجَنَاحَيۡهِ اِلَّاۤ اُمَمٌ اَمۡثَالُـكُمۡ‌ؕ مَا فَرَّطۡنَا فِى الۡـكِتٰبِ مِنۡ شَىۡءٍ‌ ثُمَّ اِلٰى رَبِّهِمۡ يُحۡشَرُوۡنَ

Artinya: "Dan tidak ada seekor binatang pun yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan semuanya merupakan umat-umat (juga) seperti kamu. Tidak ada sesuatu pun yang Kami luputkan di dalam Kitab, kemudian kepada Tuhan mereka dikumpulkan." (QS. Al-An’am: 38)

Ayat Al-Qur'an tentang Menyayangi Hewan (2)

اَلَمۡ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يُسَبِّحُ لَهٗ مَنۡ فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ وَالطَّيۡرُ صٰٓفّٰتٍ‌ؕ كُلٌّ قَدۡ عَلِمَ صَلَاتَهٗ وَتَسۡبِيۡحَهٗ‌ؕ وَاللّٰهُ عَلِيۡمٌۢ بِمَا يَفۡعَلُوۡنَ

Artinya: "Tidakkah engkau (Muhammad) tahu bahwa kepada Allah-lah bertasbih apa yang di langit dan di bumi, dan juga burung yang mengembangkan sayapnya. Masing-masing sungguh, telah mengetahui (cara) berdoa dan bertasbih. Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan." (QS. An-Nur: 41)

5 dari 6 halaman

Ayat Al-Qur’an tentang Menyayangi Hewan

Ayat Al-Qur'an tentang Menyayangi Hewan (3)

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا لَا تُحِلُّوۡا شَعَآٮِٕرَ اللّٰهِ وَلَا الشَّهۡرَ الۡحَـرَامَ وَلَا الۡهَدۡىَ وَلَا الۡقَلَٓاٮِٕدَ وَلَاۤ آٰمِّيۡنَ الۡبَيۡتَ الۡحَـرَامَ يَبۡـتَغُوۡنَ فَضۡلًا مِّنۡ رَّبِّهِمۡ وَرِضۡوَانًا ‌ؕ وَاِذَا حَلَلۡتُمۡ فَاصۡطَادُوۡا‌ ؕ وَلَا يَجۡرِمَنَّكُمۡ شَنَاٰنُ قَوۡمٍ اَنۡ صَدُّوۡكُمۡ عَنِ الۡمَسۡجِدِ الۡحَـرَامِ اَنۡ تَعۡتَدُوۡا‌ ۘ وَتَعَاوَنُوۡا عَلَى الۡبِرِّ وَالتَّقۡوٰى‌ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوۡا عَلَى الۡاِثۡمِ وَالۡعُدۡوَانِ‌ ۖ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ شَدِيۡدُ الۡعِقَابِ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar syiar-syiar kesucian Allah, dan jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) hadyu (hewan-hewan kurban) dan qala'id (hewan-hewan kurban yang diberi tanda), dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitulharam; mereka mencari karunia dan keridaan Tuhannya. Tetapi apabila kamu telah menyelesaikan ihram maka bolehlah kamu berburu. Jangan sampai kebencian(mu) kepada suatu kaum karena mereka menghalang-halangimu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat melampaui batas (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya." (QS. Al-Maidah: 2)

6 dari 6 halaman

Ayat Al-Qur’an tentang Menyayangi Hewan

Ayat Al-Qur'an tentang Menyayangi Hewan (4)

اِنَّ فِىۡ خَلۡقِ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ وَاخۡتِلَافِ الَّيۡلِ وَالنَّهَارِ وَالۡفُلۡكِ الَّتِىۡ تَجۡرِىۡ فِى الۡبَحۡرِ بِمَا يَنۡفَعُ النَّاسَ وَمَآ اَنۡزَلَ اللّٰهُ مِنَ السَّمَآءِ مِنۡ مَّآءٍ فَاَحۡيَا بِهِ الۡاَرۡضَ بَعۡدَ مَوۡتِهَا وَبَثَّ فِيۡهَا مِنۡ کُلِّ دَآ بَّةٍ وَّتَصۡرِيۡفِ الرِّيٰحِ وَالسَّحَابِ الۡمُسَخَّرِ بَيۡنَ السَّمَآءِ وَالۡاَرۡضِ لَاٰيٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّعۡقِلُوۡنَ

Artinya: "Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, pergantian malam dan siang, kapal yang berlayar di laut dengan (muatan) yang bermanfaat bagi manusia, apa yang diturunkan Allah dari langit berupa air, lalu dengan itu dihidupkan-Nya bumi setelah mati (kering), dan Dia tebarkan di dalamnya bermacam-macam binatang, dan perkisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi, (semua itu) sungguh, merupakan tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang mengerti." (QS. Al-Baqarah: 164)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer