Sukses


5 Jenis Buah yang Bisa Dikonsumsi Rutin untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Bola.com, Jakarta - Kolesterol, zat lilin yang diproduksi oleh hati ini memiliki peran penting dalam tubuh. Namun, kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan, terutama jantung.

Kolesterol tinggi dapat menumpuk di dinding arteri, membentuk plak yang menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan risiko serangan jantung serta stroke.

Untuk mengelola kadar kolesterol, satu di antara langkah penting yang bisa diambil adalah dengan mengatur pola makan. Makanan yang kita konsumsi setiap hari memiliki peran signifikan untuk memengaruhi kadar kolesterol dalam darah.

Satu di antara jenis makanan yang sering disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi adalah buah-buahan. Ada banyak jenis buah-buahan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Masing-masing buah memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda sehingga memberikan manfaat yang berbeda pula bagi tubuh. Dengan memilih buah-buahan yang tepat dan mengonsumsinya secara rutin, kita dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap stabil dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Berikut jenis-jenis buah yang bisa dikonsumsi rutin untuk menurunkan kolesterol tinggi, dilansir dari ayosehat.kemkes.go.id, Selasa (20/8/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Alpukat

Selama ini banyak beredar anggapan, alpukat mengandung banyak lemak dan tidak baik untuk kesehatan. Kandungan lemak dalam alpukat memang cukup tinggi, yakni sekitar 16 persen.

Namun, kandungan lemak dalam alpukat adalah lemak yang menyehatkan, sebab 63 persen penyusunnya merupakan asam lemak tak jenuh, terutama jenis asam lemak tak jenuh tunggal.

Lemak tak jenuh dalam alpukat berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga pembuluh darah dari kerusakan arteri oleh penumpukan kolesterol jahat (LDL – low density lipoprotein).

Selain sebagai berkhasiat untuk menjaga pembuluh darah, alpukat sangat dianjurkan karena mengandung banyak serat dan omega-9. Omega-9 dan serat inilah yang akan menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap rendah.

3 dari 6 halaman

Tomat

Selain alpukat, tomat termasuk daftar buah-buahan penurun kolesterol yang paling ampuh. Bahkan, riset dari jurnal Maturitas menyebutkan, tomat yang sudah dimasak hampir sama berkhasiat dengan obat kimia penurun kolesterol seperti statin (obat gangguan jantung).

Selain itu, tomat tidak memiliki efek samping seperti lemas, sakit otot, dan bahkan kerusakan saraf saat rutin dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Rahasia khasiat tomat terdapat pada senyawa likopen pemberi warna merah pada tomat matang. Likopen merupakan antioksidan penting yang berfungsi untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Selain likopen, di dalam tomat terkandung vitamin B dan kalium yang mampu menurunkan kolesterol serta tekanan darah tinggi.

4 dari 6 halaman

Jeruk Nipis

Buah yang satu ini memang jarang sekali dikonsumsi secara langsung. Namun, kandungan senyawa flavanoid dalam jeruk nipis berkhasiat untuk menurunkan tingkat produksi kolesterol LDL Dengan kata lain, jeruk nipis juga akan mengurangi risiko terjadinya serangan jantung.

Selain jeruk nipis, flavonoid ini sebenarnya banyak ditemui pada kedelai, tomat, teh, delima, brokoli, serta bawang merah dan bawang bombay.

Anda bisa menikmati jeruk nipis dengan mengirisnya tipis-tipis dan menyeduhnya dalam gelas berisi air panas selama 30 menit. Untuk mendapatkan khasiat terbaik, sebaiknya seduhan jeruk nipis diminum sehari dua kali, pagi dan malam.

5 dari 6 halaman

Semangka

Siapa yang enggak kenal buah segar satu ini, selain ampuh menghilangkan dahaga seketika, ternyata semangka juga termasuk keluarga buah-buahan penurun kolesterol.

Pasalnya, semangka juga mengandung likopen, sama halnya dengan tomat yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

6 dari 6 halaman

Apel

Selain enak, buah apel terkenal menyehatkan. Satu di antara khasiat buah apel rupanya juga bisa menurunkan kadar kolesterol LDL. Kandungan zat beta-glucan yang terdapat di dalamnya memiliki peranan untuk mengontrol produksi kolesterol dalam darah.

Selain itu, apel berfungsi sebagai sumber serat larut yang juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol, serta mencegah arteri mengeras. Dengan kata lain, apel juga bisa melindungi tubuh terhadap risiko serangan jantung dan stroke.

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, apel bisa dibuat cuka. Secara rutin mengonsumsi cuka apel akan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

 

Sumber: ayosehat.kemkes.go.id

Baca artikel seputar kolesterol lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer