Sukses


Pengertian Kolonialisme dan Imperialisme, Tujuan serta Jenisnya

Bola.com, Jakarta - Kolonialisme dan imperialisme adalah dua konsep yang saling terkait dan memiliki dampak besar terhadap sejarah dunia, terutama selama era modern.

Kolonialisme dan imperialisme mengacu pada upaya negara-negara kuat untuk mendominasi wilayah lain, baik secara politik, ekonomi, maupun budaya.

Kolonialisme biasanya melibatkan pendirian koloni di wilayah baru, sementara imperialisme mencakup dominasi yang lebih luas, baik langsung melalui kekuatan militer atau tidak langsung melalui kontrol ekonomi dan politik.

Keduanya telah meninggalkan jejak mendalam dalam sejarah, memengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat yang terkena dampaknya hingga saat ini.

Secara keseluruhan, kolonialisme dan imperialisme telah membentuk dunia modern dalam berbagai cara, baik melalui penciptaan batas-batas negara yang masih ada hingga sekarang, maupun melalui dampak sosial dan budaya yang masih terasa.

Pemahaman terhadap kedua konsep ini penting untuk memahami dinamika hubungan internasional saat ini serta tantangan yang dihadapi oleh negara-negara berkembang dalam mencapai kemandirian dan keadilan.

Itulah sedikit penjelasan tentang kolonialisme dan imperialisme. Untuk lebih jelasnya, berikut rangkuman kolonialisme dan imperialisme yang bisa menambah ilmu atau wawasan, Selasa (20/8/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tujuan Kolonialisme dan Imperialisme

Tujuan menjajah sudah jelas, yaitu ingin menguasai dan memperluas wilayah kekuasaan. Banyak dari negara-negara jajahan yang terus dikeruk sumber dayanya, baik alam maupun manusia.

Dengan begitu, negara penjajah makin kuat dengan menguasai tempat-tempat vital atau strategis dari suatu wilayah.

3 dari 4 halaman

Jenis Kolonialisme

  • Koloni Penduduk

Koloni penduduk adalah penguasaan suatu wilayah dengan cara menyingkirkan penduduk asli untuk digantikan oleh para pendatang. Koloni penduduk mengakibatkan penduduk asli jadi terabaikan.

  • Koloni Eksploitasi

Koloni eksploitasi berarti penguasaan suatu wilayah dengan maksud melakukan eksploitasi terhadap sumber daya alam yang ada di wilayah tersebut untuk kepentingan negara penguasa.

  • Koloni Deportasi

Pengertian koloni deportasi adalah penguasaan suatu wilayah untuk digunakan sebagai tempat "pembuangan" bagi orang-orang yang dipinggirkan atau narapidana yang tidak dapat ditangani/diurus oleh pemerintah negara yang membuangnya.

4 dari 4 halaman

Jenis Imperialisme

  • Imperialisme Kuno

Imperialisme kuno berlangsung dari zaman kuno hingga revolusi industri. Pada jenis imperialisme ini ditekankan perluasan wilayah melalui penaklukan suatu negara terhadap negara lainnya.

  • Imperialisme Modern

Imperialisme modern berlangsung setelah Revolusi Industri pada abad ke-19 hingga akhir Perang Dunia II. Tujuan imperialisme modern didasari motif ekonomi.

  • Imperialisme Ultramodern

Imperialisme ultramodern berlangsung setelah Perang Dunia II hingga sekarang. Pada imperialisme jenis ini, yang ditekankan adalah penguasaan mental, ideologi, dan psikologi terhadap bangsa atau negara lain.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer