Sukses


10 Dalil tentang Perintah Salat yang Penting Direnungkan

Bola.com, Jakarta - Salat adalah satu di antara rukun Islam yang menjadi fondasi utama dalam kehidupan seorang muslim.

Kewajiban ini telah ditegaskan dalam berbagai dalil baik dari Al-Qur'an maupun hadis, menunjukkan betapa pentingnya salat sebagai bentuk penghambaan dan ketaatan kepada Allah Swt.

Di ajaran Islam, salat bukan hanya sekadar ritual harian, tetapi juga sarana untuk mendekatkan diri kepada-Nya, menguatkan iman, serta menjaga keseimbangan hidup seorang muslim.

Salat disebut sebagai amalan pertama yang akan dihisab pada hari kiamat, menunjukkan betapa besar peran ibadah ini dalam menentukan nasib seseorang di akhirat.

Nabi Muhammad saw. juga memberikan penekanan yang kuat pada pentingnya salat. Nabi sering menyebut salat sebagai tiang agama, yang jika ditinggalkan, maka runtuhlah fondasi agama seorang muslim.

Oleh karena itu, memahami dalil-dalil yang mendasari perintah salat menjadi penting untuk memperkuat keyakinan dan pelaksanaan ibadah ini.

Memahami dalil-dalil tentang perintah salat bukan hanya penting untuk pelaksanaan ibadah yang benar, tetapi juga untuk menjaga keimanan dan ketakwaan seorang muslim sepanjang hidupnya.

Berikut 10 dalil tentang perintah salat yang penting direnungkan umat muslim, Senin (19/8/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Dalil tentang Perintah Salat

Dalil tentang Perintah Salat (1)

"Barang siapa yang salat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahanam." (HR. Muslim)

Dalil tentang Perintah Salat (2)

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

"Dirikanlah salat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula salat) Subuh. Sesungguhnya salat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat)." (QS. Al Isra: 78)

3 dari 5 halaman

Dalil tentang Perintah Salat

Dalil tentang Perintah Salat (3)

"Sesungguhnya salat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah salat Isya dan salat Subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak." (HR. Bukhari, Muslim)

Dalil tentang Perintah Salat (4)

اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

"Sungguh, salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (QS. An Nisa: 103)

Dalil tentang Perintah Salat (5)

وَأَقِمِ الصَّلوةَ إِنَّ الصَّلوةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ

"Kerjakanlah salat, sesungguhnya salat itu mencegah perbuatan yang keji dan yang mungkar." (QS. Al Ankabut: 45)

4 dari 5 halaman

Dalil tentang Perintah Salat

Dalil tentang Perintah Salat (6)

وَأَقِيمُوا الصَّلوةَ وَاتُوا الزَّكَوةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

"Dan dirikanlah salat, dan keluarkanlah zakat, dan tunduklah rukuk bersama orang-orang yang rukuk." (QS. Al Baqarah: 43)

Dalil tentang Perintah Salat (7)

"Barang siapa meninggalkan salat yang wajib dengan sengaja maka janji Allah terlepas darinya." (HR. Ahmad)

Dalil tentang Perintah Salat (8)

"Suruhlah anak-anak kecilmu melakukan salat pada (usia) tujuh tahun, dan pukullah mereka (bila lalai) atasnya pada (usia) 10 tahun, dan pisahkanlah mereka pada tempat-tempat tidur." (HR. Ahmad, Abu Dawud)

5 dari 5 halaman

Dalil tentang Perintah Salat

Dalil tentang Perintah Salat (9)

"Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah salat. Barang siapa meninggalkannya maka dia telah kafir." (HR. Ahmad, Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah)

Dalil tentang Perintah Salat (10)

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ اللَّيْلِ ۚ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّاكِرِينَ

"Dan dirikanlah salat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat." (QS Hud: 114)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer