Sukses


Persiapan Matang, Para Bulutangkis Indonesia Percaya Diri Melangkah ke Paralimpiade 2024 Paris

Bola.com, Solo - Tim para bulutangkis Indonesia percaya diri melangkah ke Paralimpiade 2024 Paris. Leani Ratri Oktila dkk. punya waktu sepekan untuk beradaptasi dengan situasi di Paris, Perancis.

Para bulutangkis menjadi satu dari sepuluh cabang olahraga yang akan diikuti kontingen Indonesia pada Paralimpiade 2024 Paris. Ada sembilan atlet yang sukses mendapat tiket untuk berlaga di Paris.

Leani Ratri Oktila menjadi nama terdepan. Peraih dua medali emas pada Paralimpiade Tokyo 2020 ini akan bertarung pada nomor tunggal putri SL4. Ia juga kembali turun pada nomor ganda campuran SL3 - SU5. Kali ini, Ratri akan berpasangan dengan Hikmat Ramdani.

Leani Ratri cukup percaya diri ketika diberi target untuk meraih medali emas di Paralimpiade Paris 2024. Masa persiapan sudah berjalan maksimal, baik saat pemusatan latihan di Kota Solo maupun ikut kejuaraan di berbagai negara.

"Kalau ditanya peluang medali, saya pasti yakin, apalagi dengan masa persiapan yang sudah saya jalani," kata Leani Ratri.

"Tetapi kembali lagi, ketika pertandingan pasti ada banyak faktor lain, seperti faktor lapangan, faktor mental, faktor kesehatan. Setiap atlet pasti akan berjuang di sana, begitu juga dengan saya," imbuh Leani Ratri.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Optimal di Skotlandia

Kejuaraan 4 Nations Para Badminton International 2024 di Glasgow, Skotlandia, 19-23 Juni 2024, menjadi ajang terakhir yang diikuti Leani Ratri. Ia sukses mengamankan gelar tunggal putri SL4 dan ganda campuran SL3 - SU5 bersama Hikmat Ramdani.

"Pesaing terberat nomor single masih tetap yang dari China. Saya masih sering kalah dengan China. Di Skotlandia kemarin mereka tidak ikut. Tetapi kalau mixed double, tahun ini saya masih menang terus," jelas Leani Ratri.

Selain Leani Ratri, ada juga Fredy Setiawan dan Khalimatus Sadiyah. Kedua pendamping Leani Ratri saat meraih medali emas pada Paralimpiade Tokyo 2020 ini akan berpasangan di nomor ganda campuran SL3 - SU5.

Tak ketinggalan duet baru Subhan dan Rina Marlina yang akan turun di nomor ganda campuran SH6. Pasangan Subhan-Rina menempati ranking satu dunia ganda campuran SH6 per April 2024.

3 dari 5 halaman

Tidak Mudah

Para bulu tangkis Indonesia juga meloloskan Qonitah Ikhtiar Syakuroh (Tunggal Putri SL3), Dheva Anrimusthi (Tunggal Putra SU5) dan Suryo Nugroho (Tunggal Putra SU5).

Suryo Nugroho yang meraih medali perunggu pada Paralimpiade Tokyo 2020 juga berangkat ke Paris dengan optimisme tinggi. Namun, Suryo sadar persaingan meraih medali pada nomor tunggal putra SU5 cukup berat.

"Persaingannya sudah berbeda dari Paralimpiade Tokyo. Saya tidak bisa mewaspadai wakil Malaysia saja, tetapi dari negara-negara lain pun sudah merata kekuatannya," tutur Suryo Nugroho.

"Saya harus optimis memberikan yang terbaik untuk Indonesia, khususnya mempertahankan medali perunggu. Syukur-syukur bisa masuk final," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Bermain Lepas

Sementara itu, pelatih kepala para bulu tangkis Indonesia, Jarot Hernowo, memastikan para atlet sudah dalam kondisi siap untuk bertanding. Adaptasi cuaca diyakini tak akan sulit karena Leani Ratri dkk. sudah sering bertanding di Eropa.

"Kami sudah dapat slot jadwal untuk latihan. Kami manfaatkan satu hari itu untuk berlatih lima sesi, dari mulai pagi, siang, sore, petang dan malam. Latihan itu fokusnya untuk adaptasi," ungkap Jarot Hernowo.

Jarot optimis tradisi medali emas akan berlanjut di Paralimpiade Paris 2024, meski nomor ganda putri SL3 - SU5 dihapus. Jarot melihat potensi besar dari sembilan atletnya, khususnya yang bertanding di nomor ganda campuran.

"Tanpa bermaksud membebani para atlet, tetapi dengan capaian yang diraih dalam sepuluh kali try out kemarin, kami menargetkan mereka bisa masuk final," papar Jarot.

5 dari 5 halaman

Daftar Atlet Para Bulutangkis Indonesia di Paralimpiade 2024

  • Leani Ratri Oktila (Mixed Double SL 3 - SU 5, Womens Single SL 4Subhan (Mixed Double SH 6, Mens Single SH 6)
  • Rina Marlina (Mixed Double SH 6, Womens Single SH6)
  • Hikmat Ramdani (Mixed Double SL 3 - SU 5, Mens Single SL 3-4)
  • Qonitah Ikhtiar Syakuroh (Womens single SL3)
  • Fredy Setiawan (Mens Single SL 4, Mixed Double SL 3 - SU 5)
  • Khalimatus Sadiyah (Womens Single SL 4, Mixed Double SL 3 - SU 5)
  • Dheva Anrimusthi (Mens Single SU 5)
  • Suryo Nugroho (Mens Single SU 5)
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer