Sukses


9 Ayat Al-Qur'an yang Membuat Tenang Jiwa ketika Sedih

Bola.com, Jakarta - Ketenangan jiwa yang didapatkan dari membaca Al-Qur'an bukan semata-mata karena keindahan bahasanya, tetapi lebih kepada kandungan makna yang terkandung di dalamnya.

Al-Qur'an mengandung janji-janji Allah Swt. hikmah kehidupan, dan kisah-kisah inspiratif para nabi dan rasul. Dengan merenungkan makna ayat-ayat tersebut, hati kita akan merasa tenang dan terhibur.

Selain itu, Al-Qur'an mengajarkan kita untuk bersabar dan tawakkal kepada Allah Swt. dalam menghadapi segala cobaan. Sebab, kesedihan dan ujian dipandang sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia, yang berfungsi untuk menguji serta memurnikan iman seorang muslim.

Dengan menjadikan ayat-ayat Al-Qur'an sebagai sumber kekuatan dan inspirasi, seorang muslim dapat menghadapi setiap tantangan dengan lebih baik, sambil terus mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan Sang Pencipta.

Jadi, Al-Qur'an bagaikan oase di tengah padang pasir yang gersang, memberikan harapan dan kekuatan bagi mereka yang sedang menghadapi cobaan hidup.

Berikut sembilan ayat Al-Qur'an yang membuat tenang jiwa ketika sedih, Rabu (21/8/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur

Ayat Al-Qur'an yang Membuat Tenang Jiwa ketika Sedih (1)

حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Artinya: "Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung." (QS. Ali Imran: 173)

Ayat Al-Qur'an yang Membuat Tenang Jiwa ketika Sedih (2)

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُۗ ۝٢٨

Artinya: "(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, bahwa hanya dengan mengingat Allah hati akan selalu tenteram." (QS. Ar-Ra'ad: 28)

Ayat Al-Qur'an yang Membuat Tenang Jiwa ketika Sedih (3)

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ ۙ وَيَسِّرْ لِيْٓ اَمْرِيْ ۙ وَيَسِّرْ لِيْٓ اَمْرِيْ ۙ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّنْ لِّسَانِيْ ۙ يَفْقَهُوْا قَوْلِيْ ۖ

Artinya: "Dia (Musa) berkata, 'Ya Tuhanku, lapangkan lah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku agar mereka mengerti perkataanku'." (QS. Taha: 25-28)

3 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur

Ayat Al-Qur'an yang Membuat Tenang Jiwa ketika Sedih (4)

اِنْ يَّنْصُرْكُمُ اللّٰهُ فَلَا غَالِبَ لَكُمْۚ وَاِنْ يَّخْذُلْكُمْ فَمَنْ ذَا الَّذِيْ يَنْصُرُكُمْ مِّنْۢ بَعْدِهٖۗ وَعَلَى اللّٰهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُوْنَ ۝١٦٠

Artinya: "Jika Allah menolongmu, tidak ada yang (dapat) mengalahkanmu dan jika Dia membiarkanmu (tidak memberimu pertolongan), siapa yang (dapat) menolongmu setelah itu? Oleh karena itu, hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakal." (QS. Ali 'Imran: 160)

Ayat Al-Qur'an yang Membuat Tenang Jiwa ketika Sedih (5)

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Artinya: "Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." (QS. Al-Insyirah: 6)

Ayat Al-Qur'an yang Membuat Tenang Jiwa ketika Sedih (6)

وَاِذَا سَاَلَـكَ عِبَادِىۡ عَنِّىۡ فَاِنِّىۡ قَرِيۡبٌؕ اُجِيۡبُ دَعۡوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِ فَلۡيَسۡتَجِيۡبُوۡا لِىۡ وَلۡيُؤۡمِنُوۡا بِىۡ لَعَلَّهُمۡ يَرۡشُدُوۡنَ

Artinya: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran." (QS. Al-Baqarah: 186)

4 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur

Ayat Al-Qur'an yang Membuat Tenang Jiwa ketika Sedih (7)

وَٱصْبِرْ وَمَا صَبْرُكَ إِلَّا بِٱللَّهِ ۚ وَلَا تَحْزَنْ عَلَيْهِمْ وَلَا تَكُ فِى ضَيْقٍ مِّمَّا يَمْكُرُونَ

Artinya: "Bersabarlah (hai Muhammad) dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah dan janganlah kamu bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipu dayakan." (QS. An-Nahl: 127)

Ayat Al-Qur'an yang Membuat Tenang Jiwa ketika Sedih (8)

وَاِلٰى رَبِّكَ فَارْغَبْ

Artinya: "Dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap." (QS. Al-Insyirah: 8)

Ayat Al-Qur'an yang Membuat Tenang Jiwa ketika Sedih (9)

وَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۖ وَعَسَىٰ أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Artinya: "Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 216)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer