Sukses


Setelah Bawa Red Sparks, LPDUK Kemenpora Berambisi Bawa UFC dan Klub Besar Eropa ke Indonesia

Bola.com, Jakarta - Klub voli putri Korea Selatan, Red Sparks sempat hadir di Indonesia. Mereka bahkan sempat menjalani laga eksebisi melawan Indonesia All Stars di Indonesia Arena, Jakarta pada 20 April 2024.

Laga eksebisi itu bisa dikatakan sangat sukses. Belasan ribu penonton memenuhi Indonesia Arena untuk menyaksikan Megawati Hangestri Pertiwi dan kawan-kawan saat itu.

Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora RI berperan penting dalam kehadiran Red Sparks tersebut. Mereka tampak tidak puas.

Direktur LPDUK Kemenpora RI, Ferry Kono menyebut pihaknya sudah menyusun rencana menghadirkan event-event berkelas di Indonesia. Misalnya menghadirkan UFC.

"UFC itu sebenarnya kita maunya akhir tahun ini ya tapi kita tahu bahwa agenda politik kita akhir tahun ini cukup besar sehingga mungkin ada penundaan secara waktu karena tetap untuk UFC itu kalendernya harus dari UFC-nya. Insya Allah tahun depan," ujar Ferry Kono dalam diskusi Industri Olahraga: Meningkatkan Partisipasi dan Memperbesar Kontribusi di Q Space Building, Jakarta Selatan, Rabu (21/8/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tetap di Indonesia Arena

Ferry Kono menyebut UFC akan hadir di Indonesia tahun depan. Ajang itu pun rencananya di Indonesia Arena.

Menurut Ferry Kono, Indonesia Arena memang harus dimanfaatkan. Sebab, Indonesia cukup jarang memiliki arena tertutup yang punya kapasitas besar.

"Rencananya di Indonesia Arena. Karena Indonesia Arena itu adalah legacy yang dibangun pemerintah. Kita punya indoor stadium terbesar. Jadi kita harus menunjukkan bahwa kita mampu membuat event yang dapat memenuhi legacy itu," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Harapkan Petarung Indonesia

Tidak hanya merencanakan UFC hadir di Indonesia, Ferry Kono juga memiliki harapan lebih. Ferry berharap akan ada petarung kebanggaan Tanah Air yang bertarung pada ajang itu.

Kondisi itu akan membuat UFC di Indonesia semakin meriah. Kebanggaan masyarakat juga diharapkan bisa bertambah.

"Insya Allah lah kalau itu kan kita harapannya hari ini sudah ada petarung Indonesia yang main di UFC. Apakah nanti dia eligible untuk main di Fight Night itu nanti kita lihat," jelas Ferry.

4 dari 4 halaman

Incar Klub Eropa

Tidak hanya voli dan UFC, LPDUK Kemenpora juga memiliki rencana lain. Mereka berencana menghadirkan klub besar Eropa untuk menjalani laga pramusim di Indonesia.

"Ya, event seperti itu sudah masuk dalam rencana kamo, mendatangkan klub-klub Eropa pada saat mereka lagi off season" katanya.

"Tapi sekali lagi, itu semua bisa kita lakukan ketika menurut kami diminati oleh publik. Jadi bukan, wah kita mau datangin Chelsea nih, karena kan sisi sportainmentnya lebih banyak. Jadi kita mau publik partisipasi," tandas Ferry Kono.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer