Sukses


Jelang Maybank Marathon 2024, Tanam Mangrove Dulu di Tanjung Benoa: Demi Melestarikan Alam

Bola.com, Jakarta - PT Bank Maybank Indonesia menggelar beberapa kegiatan menjelang perhelatan Maybank Marathon 2024. Satu di antaranya aksi pelestarian lingkungan dengan penanaman 2.500 magrove, di Taman Arboretum Mangrove, Tanjung Benoa, Bali, Jumat (23/8/2024).

Event Maybank Marathon 2024 akan digelar pada Minggu (25/8/2024) dengan start dan finis di Bali United Training Center, Gianyar, Bali. Ini merupakan edisi ke-13 dari ajang lari bergengsi tersebut. 

Maybank Indonesia tak hanya fokus di lomba lari, tetapi juga punya beberapa agenda yang mendukung. Salah satunya kegiatan penanaman mangrove dan peresmian pendirian fasilitas pengelolaan sampah organik.

Selain penanaman mangrove, inisiatif keberlanjutan juga direalisasikan melalui penyediaan fasilitas pengelolaan sampah organik yang juga didukung kampanye untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, serta dukungan untuk usaha kecil dan menengah.

Komitmen keberlanjutan pelestarian lingkungan ini merupakan bagian dari upaya untuk mencapai posisi netral karbon pada 2023 dan mendukung kelangsungan ekosistem pesisir di Bali. Dengan demikian, kegiatan penanaman mangrove memiliki arti yang sangat penting.

Pada 2023 , Maybank Indonesia telah menanam 2.000 mangrove di Taman Arboretum Mangrove, Tanjung Benoa, Bali. Saat ini kondisi pohon-pohon tersebut bertumbuh dengan baik dan terus dipantau untuk memastikan pertumbuhannya berjalan optimal.

Pada 2024 ini, Maybank Indonesia melibatkan peserta Maybank Marathon 2024 untuk menanam 2.500 mangrove di lokasi yang sama. Dari total 4.500 mangrove yang ditanam diharapkan ke depannya dapat membantu menyerap 247.310,95 kgCO2e dengan masa hidup 8 tahun, atau setara dengan menghemat tenaga listik sebesar 277.566 kWh, atau mengurangi perjalanan mobil sejauh 3,8 juta km.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Dampak Positif

Selain itu, Maybank Indonesia juga akan menyediakan fasilitas pengelolaan sampah organik di Desa Sanding, Gianyar. Fasilitas ini diharapkan mampu mengolah sampah organik dengan kapasitas pengolahan hingga 500 kg per hari secara bertahap untuk menghasilkan pupuk alami yang bermanfaat bagi pertanian lokal.

Fasilitas pengelolaan sampah organik ini bertujuan untuk mendukung Bali dalam mengatasi permasalahan sampah yang berdampak pada lingkungan maupun pariwisata, terutama oleh karena kurangnya infrastruktur pengelolaan sampah meskipun kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah terus meningkat.

“Kami sangat antusias untuk dapat meluncurkan inisiatif-inisiatif keberlanjutan Maybank Indonesia sebagai bagian dari penyelenggaraan Maybank Marathon 2024 di Bali. Melalui kolaborasi dengan komunitas lokal dan mitra-mitra strategis, kami berharap inisiatif keberlanjutan ini dapat menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat Bali, selaras dengan misi Bank yaitu, Humanising Financial Services” ujar Presiden Direktur Maybank Indonesia, Steffano Ridwan.

 

 

3 dari 3 halaman

Dipantau Perkembangannya

Dalam kesempatan yang sama, COO Jejakin, Andreas Djingga, menyambut positif inisiatif Maybank Indonesia untuk kembali berkolaborasi dalam penanaman mangrove di Taman Arboretum Mangrove, Benoa, Bali tahun ini.

“Mangrove yang ditanam akan dipantau perkembangannya dengan teknologi yang kami miliki. Kami harap, komitmen pelestarian alam ini dapat terus berlanjut pada perayaan acara Maybank Marathon ke depannya,” kata Arfan.

Sementara itu, Chief of Partnership BenihBaik.com Greeny Dewayanti mengatakan aktivitas CSR kini telah bertransformasi kepada kegiatan berkelanjutan yang memenuhi kaedah LST dalam jangka panjang sehingga pengelolaan sampah tidak hanya berdampak pada perbaikan lingkungan tetapi juga pada masyarakat dan komunitas yang terlibat.

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer