Sukses


Hadis dan Ayat Al-Qur'an tentang Jangan Berkata Kasar serta Kotor

Bola.com, Jakarta - Bisa menjaga lisan dari perkataan kasar dan kotor merupakan satu di antara aspek penting dari akhlak mulia yang perlu dimiliki umat muslim.

Baik dalam hadis maupun ayat-ayat Al-Qur'an, umat muslim diajarkan untuk berbicara dengan baik dan santun, serta menjauhkan diri dari kata-kata yang menyakiti hati orang lain.

Menghindari perkataan buruk bukan hanya tentang menjaga hubungan antarsesama manusia, tetapi juga merupakan bagian dari tanggung jawab kita sebagai hamba Allah Swt. yang berusaha untuk menjalani kehidupan dengan cara yang diridai-Nya.

Di Islam, perkataan yang baik dianggap sebagai cerminan dari iman dan kesucian hati seseorang.

Perkataan kasar dan kotor tidak hanya berdampak negatif pada orang yang mendengarnya, tetapi juga mencerminkan kondisi hati dan pikiran orang yang mengucapkannya.

Dengan menjaga lisan, seorang muslim tidak hanya menjaga diri dari dosa, tetapi juga berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang lebih damai dan penuh kasih sayang.

Berikut hadis dan ayat Al-Qur'an tentang jangan berkata kasar serta kotor yang bisa dipahami umat muslim, Jumat (23/8/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Hadis tentang Jangan Berkata Kasar dan Kotor

Hadis tentang Jangan Berkata Kasar dan Kotor (1)

"Bukanlah seorang mukmin yang sempurna, yang suka mencaci, mengutuk, berbuat, dan berkata kotor." (HR. Ahmad, Bukhari, Tirmidzi)

Hadis tentang Jangan Berkata Kasar dan Kotor (2)

"Orang mukmin bukanlah orang yang suka mencela, bukan pula orang yang suka melaknat, bukan orang yang berkata keji, dan bukan pula orang yang suka berkata kotor." (HR. Tirmidzi)

3 dari 5 halaman

Hadis tentang Jangan Berkata Kasar dan Kotor

Hadis tentang Jangan Berkata Kasar dan Kotor (3)

"Sungguh, Allah membenci orang yang sok fasih dalam berbicara, yaitu orang yang memainkan lidahnya seperti seekor sapi yang sedang memainkan lidahnya." (HR. Abu Dawud, Tirmidzi)

Hadis tentang Jangan Berkata Kasar dan Kotor (4)

"Sesungguhnya tidak ada sesuatu apa pun yang paling berat ditimbangan kebaikan seorang mukmin pada hari kiamat seperti akhlak yang mulia, dan sungguh-sungguh (benar-benar) Allah benci dengan orang yang lisannya kotor dan kasar." (HR. Tirmidzi)

4 dari 5 halaman

Ayat Al-Qur

Ayat Al-Qur'an tentang Jangan Berkata Kasar dan Kotor (1)

(18) وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِى الْاَرْضِ مَرَحًاۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُوْرٍۚ

(19) وَاقْصِدْ فِيْ مَشْيِكَ وَاغْضُضْ مِنْ صَوْتِكَۗ اِنَّ اَنْكَرَ الْاَصْوَاتِ لَصَوْتُ الْحَمِيْرِ ࣖ

Artinya: "Janganlah memalingkan wajahmu dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi ini dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi sangat membanggakan diri. Berlakulah wajar dalam berjalan dan lembutkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai." (QS. Luqman: 18-19)

Ayat Al-Qur'an tentang Jangan Berkata Kasar dan Kotor (2)

لَا خَيۡرَ فِىۡ كَثِيۡرٍ مِّنۡ نَّجۡوٰٮهُمۡ اِلَّا مَنۡ اَمَرَ بِصَدَقَةٍ اَوۡ مَعۡرُوۡفٍ اَوۡ اِصۡلَاحٍۢ بَيۡنَ النَّاسِ‌ ؕ وَمَن يَّفۡعَلۡ ذٰ لِكَ ابۡتِغَآءَ مَرۡضَاتِ اللّٰهِ فَسَوۡفَ نُـؤۡتِيۡهِ اَجۡرًا عَظِيۡمًا

Artinya: "Tidak ada kebaikan dari banyak pembicaraan rahasia mereka, kecuali pembicaraan rahasia dari orang yang menyuruh (orang) bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Barang siapa berbuat demikian karena mencari keridaan Allah, maka kelak Kami akan memberinya pahala yang besar." (QS. An-Nisa: 114)

5 dari 5 halaman

Ayat Al-Qur

Ayat Al-Qur'an tentang Jangan Berkata Kasar dan Kotor (3)

لَا يُحِبُّ اللّٰهُ الۡجَــهۡرَ بِالسُّوۡٓءِ مِنَ الۡقَوۡلِ اِلَّا مَنۡ ظُلِمَ‌ؕ وَكَانَ اللّٰهُ سَمِيۡعًا عَلِيۡمًا‏

Artinya: "Allah tidak menyukai perkataan buruk, (yang diucapkan) secara terus terang kecuali oleh orang yang dizalimi. Dan Allah Mahamendengar, Mahamengetahui." (QS. An-Nisa: 148)

Ayat Al-Qur'an tentang Jangan Berkata Kasar dan Kotor (4)

هَمَّازٍ مَّشَّآءٍۢ بِنَمِيۡمٍۙ‏

Artinya: "Suka mencela, yang kian ke mari menyebarkan fitnah." (QS. Al-Qalam: 11)

Ayat Al-Qur'an tentang Jangan Berkata Kasar dan Kotor (5)

وَيۡلٌ لِّـكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةِ

Artinya: "Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela." (QS. Al-Humazah: 1)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer