Sukses


Peminat Maybank Marathon 2024 Capai 30.000 Orang, Akhirnya Terpilih 12.700 Peserta dari 57 Negara: Intip Keistimewaan Event Ini

Bola.com, Jakarta - Panitia penyelanggara mengatakan peminat Maybank Marathon 2024 sangat membeludak. Bahkan, jumlah pendaftar Maybank Marathon 2024 mencapai 30.000 orang. 

Pendaftar Maybank Marathon tidak semuanya bisa berpartipasi. Penyelenggara Maybank Marathon 2024 menerapkan sistem ballot, yaitu pengundian pendaftaran yang umum digunakan di event marathon dunia.

Setelah diterapkan sisten tersebut, Maybank Marathon 2024 resmi diikuti oleh 12.700 lebih peserta dari 57 negara di antaranya dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Jepang, Filipina, Australia, Amerika Serikat, dan dari negara-negara lainnya di Asia, Eropa serta Afrika.

Total peserta asing mencapai 12,7% dari keseluruhan peserta, atau 1 dari 8 peserta adalah warga negara asing. 

Tahun ini, jumlah peserta kategori Marathon naik 17% menjadi 3.500 orang yang merupakan jumlah terbanyak di antara event lari lainnya di Indonesia untuk kategori tersebut. Peningkatan ini membuktikan mulai banyaknya pegiat lari yang sudah naik kelas untuk menyelesaikan tantangan sepanjang 42 kilometer sejatinya pada event yang memperlombakan kategori Marathon sebagai pilihan puncak. 

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Nilai Maybank Marathon

Apa sih keistimewaan Maybank Marathon 2024 sehingga jumlah pesertanya begitu membeludak? Presiden Direktur Maybank Indonesia, Steffano Ridwan, memberikan penjelasannya. 

"Bagaimana Maybank Marathon mempertahankan jumlah peserta banyal? Yang pertama event ini bukan hanya masuk kategori elite label, tetapi juga masuk salah satu maraton yang wajib dicoba. Banyak peserta dari mancanegara," kata Steffano dalam sesi konferensi pers di Bali United Training Center, Sabtu (24/8/2024). 

"Selain itu runners juga melihat event ini ada nilainya. Maybank Marathon bukan sekadar lari, tetapi ada value tentang keberlanjutan, memberikan sesuatu kepada masyarakat." 

"Bahkan pelari bisa menyumbang. Acara penanaman 2.500 magrove yang dilakukan pada Jumat (23/8/2024) di Tanjung Benoa, 500 pohon di antaranya dari pelari," imbuhnya. 

Menurut Steffano, nilai lebih dari Maybank Marathon lainnya adalah keberadaan partisipasi aktif dari masyarakat setempat.

"Banyak tari-tarian dari masyarakat, anak sekolah, auranya beda sekali. Atmosfernya itu. Bahkan ada pelari asing yang sudah ikut berkali-kali dan tetap ingin terus merasakan," imbuhnya. 

 

3 dari 4 halaman

Jadwal Maybank Marathon 2024

Pada Minggu pagi, Flag off pertama akan dilakukan pada pukul 04.30 WITA untuk kategori Marathon, flag off kedua akan dilakukan pada pukul 05.30 WITA untuk kategori Half Marathon, dan flag off ketiga untuk kategori 10K pada pukul 06.00 WITA. Flag off selanjutnya ialah untuk kategori wheelchair (3K) pada pukul 06.10 WITA dan children sprint pukul 08.00 WITA. Ada pun total hadiah yang akan diperebutkan sebesar Rp2,7 miliar untuk 86 pemenang, termasuk pemecah rekor. 

Project Director Maybank Marathon, Widya Permana, mengatakan pihaknya sudah siap menggelar lomba dengan titik start dan finis di Bali United Training Center, Gianyar.

“Kami sangat antusias untuk melangsungkan lomba Maybank Marathon di lokasi baru yang kiranya dapat menjadi pengalaman baru serta unik bagi seluruh peserta event kami tahun ini,” ungkapnya. 

Masih dalam semangat ‘Discover a New You’, Maybank Marathon 2024 menggelar lomba lari untuk 25 pelari Marathon undangan Maybank Indonesia (di luar undangan PASI) yang telah memenuhi kriteria sebagai ‘Maybank Marathon Indonesian Fast Runner 2024’ berdasarkan kualifikasi yang dicapai pada Maybank Marathon 2022 dan 2023.

Ada pun ke-25 pelari Marathon ini akan berlaga untuk memenuhi persyaratan waktu finish Boston Marathon pada Maybank Marathon 2024, yang kemudian berkesempatan mengikuti dan memenangi program undian #BaliBeatsBoston yang akan menentukan masing-masing 2 pelari Marathon pria dan wanita untuk diberangkatkan ke Boston Marathon 2025. 

Berkaitan dengan pelaksanaan lomba, panitia Maybank Marathon 2024 mengerahkan tim pengamanan di sekitar rute yang terdiri dari sekitar 795 personel polisi dan sekitar 450 personel pecalang warga Gianyar. Untuk fasilitas medis, panitia mengerahkan 900 marshall dan 265 paramedis, serta 39 unit ambulans yang terdiri dari 18 mobil ambulans, 18 sepeda motor ambulans dan dua mobil ambulans berstandar Instalasi Gawat Darurat. 

“Faktor keamanan dan keselamatan seluruh peserta merupakan prioritas kami di dalam setiap penyelenggaraan Maybank Marathon. Selain tim pengamanan dan paramedis, kami juga mengerahkan 49 pacer yang telah dibekali keterampilan prosedur First Aid Emergency CPR (Cardiopulmonary Resuscitation) apabila terjadi kondisi darurat,” jelas Widya. 

 

4 dari 4 halaman

Daftar Pelari Elite

Layaknya event kelas World Marathon Majors, Maybank Marathon 2024 akan diikuti 12 atlet lari elite internasional (enam pria & enam wanita) dari Kenya dan Uganda, dan 10 atlet lari marathon nasional (lima pria & lima wanita). 

Berikut adalah daftar atlet elit internasional pada Maybank Marathon 2024 beserta prestasinya. 

Daftar Pelati Elite di Maybank Marathon 2024

1. John Mwangangi (Kenya)

2. Mathew Samperu (Kenya)

3. Paul Tiongik (Kenya)

4 . Edwin Koech (Kenya)

5. Shadrack Kipchirchir (Kenya)

6. John Langat (Kenya)

7. Risper Chebet (Kenya)

8. Aurelia Kiptui (Kenya)

9. Juliet Chekwel (Kenya)

10 . Sharon Cherop (Kenya)

11. Jane Seurey (Kenya) 

12. Pauline Thitu (Kenya)

 

Pelari Nasional 

1. Dikki Abdul Majid (Jawa  Barat)

2. Hamdan Sayuti (Sumatra Barat) 

3. Agus Prayogo (Jawa Barat) 

4. Ranto (Jawa Tengah) 

5. Jupianto Sembiring

6. Angelika Ginting

7. Safrina Sheila

8. ⁠Isania T arigan

9. ⁠Yanita Sari

10. Fisnawati

Video Populer

Foto Populer