Sukses


Kehangatan Masyarakat Bali dan Suguhan Pertunjukan Budaya Bikin Maybank Marathon 2024 Hangat dan Tak Terlupakan

Bola.com, Gianyar - Suasana di sekitar Bali United Training Center di Gianyar, Bali, benar-benar syahdu sepanjang perhelatan ajang bergengsi Maybank Marathon 2024, Minggu (25/8/2024). Hujan terus mengguyur kawasan tersebut, yang cukup membantu meringankan langkah para pelari yang ambil bagian di satu-satunya event maraton berlabel elite di Indonesia. 

Hujan rintik-rintik sudah turun sejak dini hari. Saat start untuk nomor full maraton pada pukul 04.30 Wita, hujan sempat berhenti. Namun, tak lama hujan kembali turun deras. 

Para peserta berlari dengan baju basah kuyup. Kondisi cuaca yang cukup sejuk, bahkan dingin, tersebut sangat membantu para pelari. Mereka tidak harus bertarung dengan suhu yang panas menyengat, yang biasanya cepat menyerap energi. 

Meskipun hujan sempat turun cukup deras, semangat para pelari tak surut. Mereka tetap antusias melibas rute Maybank Marathon 2024 yang penuh dengan tanjakan. 

Pelari Maybank Marathon 2024 bukan hanya terbantu oleh hujan. Semangat mereka juga terjaga berkat dukungan hangat dari masyarakat Bali yang memberikan dukungan tanpa kenal lelah. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kenalkan Budaya Bali

Pada ajang Maybank Marathon 2024 ini panitia memang menyuguhkan pertunjukan kesenian di beberapa titik. Tentu saja, tujuan agenda ini salah satunya memperkenalkan adat dan budaya Bali kepada para pelari, baik dalam maupun luar negeri. 

Panitia banyak melibatkan anak-anak sekolah untuk menyuguhkan kesenian ala Bali, sekaligus menjadi tim cheering yang bertugas memberikan dukungan untuk para pelari. 

Anak-anak sekolah tersebut juga sangat all out. Sebagai tim cheering, mereka mayoritas mengenakan baju khas Bali. Kehadiran mereka benar-benar menyulut kegembiraan dan semangat para pelari yang sedang berjuang melawan rasa lelah. 

"Semangat...semangat...semangat," teriak anak-anak tersebut saat para pelari lewat di depan mereka. Terkadang mereka menyorkan tangan dan disambut hangat oleh para pelari. 

Tim cheering yang berpartisipasi satu di antaranya anak-anak SD 05 Pering, Gianyar. Mereka terdiri dari siswa kelas 4, 5, dan 6. Bukan hanya bertugas menyemangati, mereka juga menyuguhkan pertunjukan kesenian. 

"Ini baru pertama kali anak-anak terlibat mendukung Maybank Marathon 2024, soalnya kan ada rute baru," ujar Kadek Ari, guru SD 5 Pering, yang ditemui Bola.com di sela-sela perlombaan. 

Murid-murid SD 4 Pering juga sama. Mereka ikut menyemarakkan Maybank Marathon 2024 dengan menyuguhkan pertunjukan dan memberikan dukungan kepada para pelari. 

"Setiap ada kegiatan Maybank Marathon kami ikut berpatispasi. Ini yang berpartisipasi siswa kelas 4,5 dan 6. Ada sekitar 100 orang. Latihan, seminggu sebelum penampilan. Anak-anak sangat senang dengan kegiatan ini, bisa dilihat dari wajah mereka," ujar Kepala Sekolah SD 4 Pering, Gede Suryanata. 

Untuk Maybank Marathon tahun ini, akan dimeriahkan juga dengan pertujukan kesenian dan cheering. Pertunjukan kesenian rencananya digelar di enam titik. 

Enam titik tersebut adalah di km 9,85; kemudian km 17,6; km 26,6; km 6,2; km 14,5; dan km 41. Pertunjukan kesenian yang disiapkan antara lain tari kecak, Canagsari, Barong, dan Baleganjur. 

Artinya, para penonton yang ingin menonton jalannya Maybank Marathon, juga bisa sembari menikmati hiburan kesenian yang disediakan. 

 

 

3 dari 3 halaman

Bikin Happy

Sambutan hangat masyarakat Bali mendapat banyak pujian dari peserta. Kehangatan tersebut sulit mereka lupakan. Salah satu pelari yang sangat terkesan dengan keramahan dan dukungan total warga Bali adalah artis Asri Welas. 

Apa keunikan Maybank Marathon di mata Asri Welas? "Ini lombanya the best. Jalur tidak diganggu kendaraan, aku juga termotivasi oleh penduduk setempat yang membuat kita happy," tuturnya. 

"Bayangkan lagi capek-capeknya, kemudian disemangati 'ayo..ayo' di sepanjang jalan, ada anak sekolah, gending-gending. Suasananya membuat kami semangat padahal sudah capek banget. Sangat mendukung," imbuh Asri Welas. 

Pujian juga dilontarkan oleh bebera pelari lain, termasuk para elite runner dari Kenya. Juara kategori Marathon Open Man asal Kenya, Paul Tiongik, mengatakan perlombaan di Bali sangat mengesankan dan indah. 

Dia juga senang dengan keramahan masyarakat Bali, yang tanpa lelah mengangkat semangat para pelari di sepanjang jalan. 

Presiden Direktur Maybank Indonesia, Steffano Ridwan, juga secara khusus mengapresiasi warga Gianyar yang berperan penting di balik kesuksesan event Maybank Marathon 2024. 

"Tidak lupa kami juga ucapkan terima kasih kepada warga Gianyar yang telah menyemangati para peserta di sepanjang rute sehingga turut menambah semarak penyelenggaraan Maybank Marathon 2024,” tukas Steffano.

Video Populer

Foto Populer