Sukses


9 Ayat Al-Qur'an tentang Waktu yang Bisa Dipahami

Bola.com, Jakarta - Waktu memiliki peran penting dalam ajaran Islam, di mana setiap detik kehidupan manusia harus digunakan dengan bijak dan penuh kesadaran.

Ada banyak ayat dalam Al-Qur'an yang menekankan pentingnya waktu, dari penciptaan alam semesta hingga peringatan tentang akhirat.

Waktu menjadi tanda kebesaran Allah Swt. di mana pergantian siang dan malam, serta peredaran matahari dan bulan, menjadi bukti nyata akan kekuasaan-Nya.

Pemanfaatan waktu dengan sebaik-baiknya merupakan satu di antara bentuk ketaatan kepada-Nya, yang akan menentukan nasib manusia di dunia dan akhirat.

Ayat-ayat Al-Qur'an tentang waktu mengingatkan manusia agar tidak menyia-nyiakan kesempatan yang telah diberikan oleh Allah Swt. Waktu yang berlalu tidak akan pernah kembali sehingga setiap detiknya harus diisi dengan amal saleh, ibadah, dan kebaikan.

Dengan demikian, memahami dan memanfaatkan waktu sesuai ajaran Islam adalah bentuk penghambaan yang luhur kepada-Nya, serta kunci menuju kesuksesan di dunia dan akhirat.

Berikut sembilan ayat Al-Qur'an tentang waktu yang bisa dipahami umat muslim, Selasa (27/8/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur

Ayat Al-Qur'an tentang Waktu (1)

هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَاۤءً وَّالْقَمَرَ نُوْرًا وَّقَدَّرَهٗ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوْا عَدَدَ السِّنِيْنَ وَالْحِسَابَۗ مَا خَلَقَ اللّٰهُ ذٰلِكَ اِلَّا بِالْحَقِّۗ يُفَصِّلُ الْاٰيٰتِ لِقَوْمٍ يَّعْلَمُوْنَ

Artinya: "Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya, dan Dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya agar kamu mengetahui bilangan tahun, dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan demikian itu melainkan dengan benar. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui." (QS. Yunus: 5)

Ayat Al-Qur'an tentang Waktu (2)

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: "Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah 12 bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa." (QS. At Taubah: 36)

3 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur

Ayat Al-Qur'an tentang Waktu (3)

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۙ

Artinya: "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal." (QS. Ali Imran: 190)

Ayat Al-Qur'an tentang Waktu (4)

وَهُوَ الَّذِيْ خَلَقَ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَۗ كُلٌّ فِيْ فَلَكٍ يَّسْبَحُوْنَ

Artinya: "Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing beredar pada garis edarnya." (QS. Al Anbiya: 33)

Ayat Al-Qur'an tentang Waktu (5)

وَهُوَ ٱلَّذِى جَعَلَ ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ خِلْفَةً لِّمَنْ أَرَادَ أَن يَذَّكَّرَ أَوْ أَرَادَ شُكُورًا

Artinya: "Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau orang yang ingin bersyukur." (QS. Al-Furqan: 62)

Ayat Al-Qur'an tentang Waktu (6)

وَالۡعَصۡرِۙ اِنَّ الۡاِنۡسَانَ لَفِىۡ خُسۡرٍۙ

Artinya: "Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian." (QS. Al Asr: 1-2)

4 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur

Ayat Al-Qur'an tentang Waktu (7)

وَالَّيۡلِ اِذَا يَغۡشٰىۙ وَالنَّهَارِ اِذَا تَجَلّٰىۙ‏

Artinya: "Demi malam apabila menutupi (cahaya siang), demi siang apabila terang benderang." (QS. Al Lail: 1-2)

Ayat Al-Qur'an tentang Waktu (8)

وَالضُّحٰىۙ وَالَّيۡلِ اِذَا سَجٰى

Artinya: "Demi waktu Duha (ketika matahari naik sepenggalah), dan demi malam apabila telah sunyi." (QS. Al-Dhuha: 1-2)

Ayat Al-Qur'an tentang Waktu (9)

وَسَخَّرَ لَكُمُ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ دَائِبَيْنِ وَسَخَّرَ لَكُمُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ وَآتَاكُمْ مِنْ كُلِّ مَا سَأَلْتُمُوهُ وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَتَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا إِنَّ الْإِنْسَانَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ

Artinya: "Dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan bagimu malam dan siang. Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dari segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat lalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah)." (QS. Ibrahim: 33-34)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer