Sukses


Bacaan Niat Salat Tolak Bala dalam Islam beserta Tata Caranya

Bola.com, Jakarta - Salat tolak bala merupakan satu di antara bentuk ibadah yang dilakukan oleh umat Islam untuk memohon perlindungan dari Allah Swt. atas segala musibah, bencana, dan mara bahaya yang dapat menimpa individu atau masyarakat.

Menurut ajaran Islam, salat tolak bala diyakini memiliki kekuatan spiritual untuk menolak atau menghindarkan diri dari bala dengan mengharapkan rahmat dan pertolongan dari Sang Mahakuasa.

Praktik ini dilakukan secara berjemaah disertai dengan doa-doa khusus yang diiringi dengan permohonan ampunan dan perlindungan dari segala bentuk malapetaka.

Jadi, salat tolak bala dilakukan sebagai bentuk ikhtiar spiritual untuk memohon perlindungan dari segala musibah yang tidak diinginkan.

Dengan melaksanakan salat tolak bala, umat muslim diingatkan akan pentingnya tawakal dan keimanan yang kuat, bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah atas izin dan kehendak-Nya.

Berikut bacaan niat salat tolak bala dalam Islam beserta tata caranya, Jumat (30/8/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Niat Salat Tolak Bala

أُصَلَّى سُنَّةً لِدَفْعِ الْبَلَاءِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ لِلَّهِ تَعَالَى اللَّهُ

"Ushalli sunnatal lidaf'il bala'i rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'ala, Allahu Akbar."

Artinya: "Aku berniat salat sunah untuk menolak bala dua rakaat sambil menghadap ke kiblat karena Allah ta'ala, Allahu Akbar."

3 dari 3 halaman

Tata Cara Salat Tolak Bala

Tata cara pelaksanaan salat tolak bala sebenarnya sama seperti salat sunah pada umumnya, hanya terdapat sejumlah surah yang dibaca.

  • Pada rakaat pertama membaca Al Fatihah, kemudian membaca surah Al-Kautsar 17x.
  • Pada rakaat kedua, setelah Al Fatihah dilanjutkan surah Al-Ikhlas 5x.
  • Pada rakaat ketiga, setelah Al Fatihah kemudian surah Al-Falaq 1x.
  • Pada rakaat keempat membaca Al Fatihah yang dilanjutkan surah An-Nas 1x.

Doa Tolak Bala

Setelah selesai salat tolak bala, umat muslim bisa melanjutkan dengan membaca doa tolak bala di bawah ini.

‎بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اللّٰهُمَّ يَا شَدِيْدَ الْقُوَى وَيَا شَدِيْدَ الْمِحَالِ يَا عَزِيْزُ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ اِكْفِنَا مِنْ جَمِيْعِ خَلْقِكَ يَا مُحْسِنُ يَا مُجَمِّلُ يَا مُتَفَضِّلُ يَا مُنْعِمُ يَا مُكْرِمُ يَا مَنْ لَآ إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. اللّٰهُمَّ بِسِرِّ الْحَسَنِ وَأَخِيْهِ وَجَدِّهِ وَأَبِيْهِ اِكْفِنَا شَرَّ هٰذَا الْيَوْمِ وَمَا يَنْزِلُ فِيْهِ يَا كَافِيْ فَسَيَكْفِيْكَهُمُ اللهُ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَحَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ. وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

Artinya: "Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga selawat dan salam Allah senantiasa tercurah pada junjungan kami, Nabi Muhammad saw. keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, Tuhan Yang Maha memiliki kekuatan dan keupayaan.

Ya Tuhan Yang Mahamulia dan karena kemuliaan-Mu itu, menjadi hinalah semua makhluk ciptaan-Mu, peliharalah aku dari kejahatan makhluk-Mu. Ya Tuhan Yang Mahabaik. Yang memberi keindahan, keutamaan, kenikmatan dan kemuliaan. Ya Allah, Tiada Tuhan kecuali hanya Engkau. Kasihanilah aku dengan Rahmat-Mu, wahai Zat yang Maha Penyayang. Ya Allah, dengan rahasia kemuliaan Sayyidina Hasan dan saudaranya, serta kakeknya dan ayahnya, ibunya dan keturunannya, jauhkan aku dari kejahatan hari ini dan kejahatan yang akan turun kepadanya. Wahai Zat Yang Maha mencukupi harapan dan menolak bala, cukuplah Allah Yang Maha Memelihara lagi Maha Mengetahui untuk memelihara segalanya. Cukuplah Allah tempat kami bersandar, tiada daya dan upaya kecuali atas izin Allah Yang Mahatinggi lagi Mahaagung. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad saw. beserta keluarganya dan para sahabatnya."

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer