Sukses


5 Mitos Buang Sampah Malam Hari, Mendatangkan Nasib Buruk

Bola.com, Jakarta - Mitos buang sampah pada malam hari sudah lama menjadi bagian dari kepercayaan masyarakat yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Kendati zaman telah berubah dan pengetahuan tentang kesehatan serta kebersihan makin berkembang, mitos ini masih tetap ada dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak yang percaya bahwa membuang sampah di malam hari dapat mendatangkan nasib buruk atau bahkan mengundang makhluk halus ke dalam rumah. Keyakinan ini didasari oleh ketakutan akan hal-hal gaib yang dianggap lebih aktif di malam hari.

Menariknya, mitos ini tidak hanya berkembang di satu wilayah, tetapi juga ditemukan di berbagai budaya dengan variasi cerita yang berbeda.

Di sisi lain, ada juga yang melihat mitos ini sebagai bagian dari upaya masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Berikut lima mitos buang sampah malam hari, mendatangkan nasib buruk, Rabu (4/9/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Mitos Buang Sampah Malam Hari

1. Mengundang Makhluk Halus 

Satu di antara mitos yang paling umum adalah bahwa membuang sampah di malam hari dapat mengundang makhluk halus atau roh jahat.

Masyarakat percaya bahwa waktu malam adalah saat di mana makhluk tak kasat mata berkeliaran, dan membuang sampah bisa menarik perhatian mereka.

2. Membawa Sial 

Beberapa orang percaya bahwa membuang sampah di malam hari bisa membawa kesialan. Mitos ini sering dikaitkan dengan keyakinan bahwa malam adalah waktu yang penuh dengan energi negatif, dan melakukan aktivitas seperti membuang sampah dapat menimbulkan nasib buruk.

3. Menyebabkan Penyakit 

Ada juga kepercayaan bahwa membuang sampah di malam hari bisa membawa penyakit ke dalam rumah.

Mitos ini mungkin berakar dari kekhawatiran tentang kebersihan dan kesehatan, di mana sampah yang dibiarkan semalaman bisa menarik serangga atau tikus yang membawa penyakit.

3 dari 3 halaman

Mitos Buang Sampah Malam Hari

4. Membawa Rezeki Keluar 

Beberapa orang percaya bahwa membuang sampah di malam hari bisa mengusir rezeki dari rumah. Mitos ini terkait dengan keyakinan bahwa sampah yang dibuang saat malam bisa membawa pergi keberuntungan atau rezeki yang seharusnya masuk ke rumah.

5. Mengganggu Keharmonisan Rumah Tangga 

Ada mitos yang mengatakan bahwa membuang sampah di malam hari bisa mengganggu keharmonisan dalam rumah tangga.

Ini didasarkan pada kepercayaan bahwa tindakan tersebut bisa memicu pertengkaran atau ketakharmonisan di antara anggota keluarga.

 

Dapatkan artikel mitos berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer