Sukses


5 Mitos tentang Makan Beras Mentah yang Dipercaya Masyarakat Luas

Bola.com, Jakarta - Mitos tentang makan beras mentah telah lama menjadi bagian dari cerita turun-temurun yang dipercaya oleh masyarakat di berbagai daerah.

Berbagai kepercayaan ini sering digunakan oleh orang tua sebagai peringatan atau larangan agar anak-anak tidak memakan beras mentah.

Kendati tidak didasarkan pada bukti ilmiah, mitos ini bertahan dan terus diwariskan karena dianggap sebagai cara efektif untuk mengajarkan kebiasaan baik.

Orang tua sering menghubungkan kebiasaan makan beras mentah dengan berbagai dampak buruk di masa depan, seperti nasib yang kurang beruntung atau masalah kesehatan.

Dengan berkembangnya pengetahuan dan akses informasi, mitos-mitos ini mungkin semakin dipertanyakan, tetapi tetap menjadi bagian dari cerita budaya yang menarik dan menghibur.

Berikut lima mitos tentang makan beras mentah yang dipercaya masyarakat luas, Jumat (6/8/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Mitos tentang Makan Beras Mentah

1. Menikah dengan Suami Pemarah 

Satu di antara mitos yang cukup populer menyatakan bahwa jika seseorang sering makan beras mentah, kelak ia akan menikah dengan suami yang pemarah. Mitos ini biasanya digunakan sebagai peringatan bagi anak-anak agar tidak mengonsumsi beras mentah.

2. Memiliki Anak dengan Rambut Tipis 

Ada juga kepercayaan bahwa makan beras mentah bisa menyebabkan anak yang dilahirkan kelak akan memiliki rambut tipis dan tidak lebat. Ini dianggap sebagai bentuk hukuman atas kebiasaan buruk.

3. Perut Sakit atau Kembung 

Mitos lain yang beredar adalah bahwa makan beras mentah dapat menyebabkan sakit perut atau kembung. Padahal, secara medis, hal ini mungkin terjadi karena tubuh sulit mencerna beras mentah, bukan karena kutukan atau mitos.

3 dari 3 halaman

Mitos tentang Makan Beras Mentah

4. Sulit Menemukan Jodoh 

Beberapa masyarakat percaya bahwa makan beras mentah bisa membuat seseorang sulit menemukan jodoh. Ini menjadi satu di antara mitos yang digunakan untuk menakut-nakuti remaja yang belum menikah.

5. Bisa Menjadi Pendek 

Mitos lain yang berkembang adalah bahwa sering makan beras mentah akan membuat seseorang berhenti tumbuh tinggi dan menjadi pendek. Ini sering diceritakan kepada anak-anak agar mereka menjauhi kebiasaan tersebut.

 

Dapatkan artikel mitos berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer