Sukses


Cabor Anggar Resmi Dimulai, 220 Atlet dari 26 Daerah Bersaing Memperebutkan Medali PON Aceh-Sumut XXI

Bola.com, Banda Aceh - Cabang olahraga anggar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut XXI 2024 resmi dimulai di GOR Anggar kompleks Stadion Harapan Bangsa Lhongraya, Banda Aceh, Rabu (11/9/2024).

Cabor Anggar dibuka secara resmi oleh Ketua Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI), Agus Suparmanto. Turut hadir TD PON XXI Aceh-Sumut Cabor Anggar Hans Nayoan, Ketua KONI Aceh Kamaruddin Abubakar, Ketua Umum Pengprov IKASI Aceh Nasir Syamaun, dan sejumlah pengurus IKASI.

Agus Suparmanto setelah membuka secara resmi cabor anggar kepada awak media mengatakan, perhelatan PON dengan tuan Aceh dan Sumatera Utara diharapkan dapat menjadi momentum untuk melahirkan atlet-atlet anggar berbakat, dan bisa bersaing hingga level internasional.

"PON 2024 di Aceh dan Sumut sebagai ajang seleksi atlet-atlet terbaik yang di mana akan dikembangkan dan dilanjutkan untuk event-event internasional," ucap Agus Supramanto.

"Ya diharapkan memang PON ini sangat spesial karena pertama kali di Aceh dan juga saya melihat potensial dan semangat dari pada atlet-atlet ini sangat tinggi dan motivasi kita berikan juga yang sangat tinggi," sambungnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Venue yang Bagus

Agus juga menilai, venue yang berada di GOR Anggar kompleks Stadion Harapan Bangsa Lhongraya Banda Aceh ini cukup bagus, dan sudah memiliki standar internasional.

“Saya melihat venuenya sangat bagus dan juga diharapkan di seluruh Indonesia, di seluruh provinsi mempunyai venue-venue anggar seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu atlet anggar dari Jawa Tengah, Vitson Bastian Kusuma Negara menyatakan kesiapannya untuk ikut pada ajang PON Aceh-Sumut.

“Ini PON pertama saya, jadi targetnya kita memang ingin yang terbaik,” kata Vitson yang turun di nomor EP individu putra.

 

3 dari 4 halaman

TC ke Malaysia

Persiapan yang dilakukan oleh atlet anggar Jateng sudah dimulai jauh-jauh hari sebelum PON Aceh-Sumut digelar.

“Untuk persiapan kami jauh-jauh hari sudah dimatangkan, bahkan mungkin dari Maret sampai ke September ini persiapan sangat ketat sampai TC di luar negeri di Malaysia,” ujarnya.

“Terus mungkin kami juga manggil atlet-atlet senior buat tambah latihan juga pernah. Jadi persiapan dari anggar Jawa Tengah itu sangat maksimal dan kami berharap di PON ini bisa mendapatkan hasil yang baik,” pungkasnya.

 

4 dari 4 halaman

Mempertandingkan 12 Nomor

Ketua Panitia cabor Anggar PON Aceh-Sumut Zulfikar dalam laporannya merincikan, cabor anggar PON XXI Aceh-Sumut dimulai 11 sampai dengan 16 September 2024. Ada 12 nomor yang dipertandingkan pada cabor ini.

Mulai dari Floret perorangan putra/putri, Degen perorangan putra/putri, Sabel perorangan putra/putri, Floret beregu putra/putri, Degen beregu putra/putri dan Sabel beregu putra/putri.

Pada PON Aceh-Sumut ada 26 kontingen yang akan bersaing untuk memperebutkan medali di 12 nomor, yang diikuti oleh 220 atlet anggar yang terdiri dari 113 atlet putra dan 107 atlet putri.

Adapun 26 kontingen yang ikut pada cabor anggar yaitu, Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Jambi, Bengkulu, Sumsel, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Yogyakarta, Jatim, Kalbar, Kalsel, Kalteng, Kaltim, Kaltara, Sulsel, Sulteng, Sulut, Bali, NTB, dan Papua.

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer