Sukses


Cerita Rudy Rustandi Menggeluti Olahraga Darts: Awalnya Iseng Cari Untung, Kini Malah Jatuh Cinta dan Jadi Motor Penggerak

Bola.com, Jakarta Cerita pemain darts asal Indonesia, Rudy Rustandi, menggeluti olahraga ini menarik disimak. Rudy Rustandi dikenalkan pada olahraga soft tip darts oleh Mr. Ping, seorang pengusaha yang menjadi distributor Medalist, soft tip darts machine asal Amerika Serikat.

Rudy yang kala itu memiliki usaha olahraga billiard Green Garden awalnya hanya ingin menjadikan soft tip darts machine Medalist sebagai sumber penghasilan tambahan dan pilihan permainan di tempat usahanya. 

Ternyata, ia malah jatuh cinta pada olahraga darts dan mulai menjadi salah satu motor penggerak dalam perkembangan olahraga darts di Indonesia.

Tak hanya sebagai pemain profesional, Rudy Rustandi juga aktif menginisiasi dan mengorganisir pemain- pemain darts muda di Indonesia untuk mengikuti berbagai event kejuaraan darts internasional di berbagai negara.

“Awalnya saya hanya iseng coba-coba cari tambahan revenue omset bisnis buat tempat billiard saya. Ternyata malah kecemplung masuk. Saya sering keliling bersama kawan-kawan yang lain ikut berbagai kejuaraan darts di luar negeri. Lumayan bisa sekalian jalan-jalan dan kenal dengan banyak pemain-pemain darts dari berbagai negara juga," ujar Rudy Rustandi. 

Hingga saat ini, Rudy Rustandi yang mengaku merupakan Penggemar Phill Taylor dan Paul Lim masih aktif sebagai pemain profesional darts di Indonesia. Rudy Rustandi juga mulai aktif membangun kembali tempat latihan darts di daerah Kemayoran, Jakarta.

“Regenerasi di olahraga darts itu adalah kewajiban dan keniscayaan. Saat ini ada 3 mesin dartslive yang saya kelola untuk dipakai sebagai sarana latihan dan pembinaan. Siapa pun yang berminat untuk sekedar bermain atau berlatih bisa datang ke tempat saya di Bands Café Steak Gunting Kemayoran," tutur Rudy. 

"Saya siap menjadi teman latih tanding atau sekedar bermain darts untuk having fun,” imbuh Rudy Rustandi yang merupakan salah satu pemain yang tidak pernah absen menjadi peserta di semua gelaran series Darts National Competition 2024 yang digelar oleh Indonesia Entertainment Group (IEG).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Mempersiapkan Diri

Saat ini, Rudy Rustandi menempati ranking ke-5 di IEG Sports Darts Players Ranking dengan total perolehan 745 poin. Yang menarik adalah Rudy Rustandi konsisten menjadi semifinalis di dua perhelatan terakhir Darts National Competition 2024 Series Ketiga dan Keempat.

Rudy sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Darts National Competition Series Kelima yang akan dilaksanakan di Gajah Mada Plaza, 26 dan 27 Oktober 2024. Ia memasang target paling tidak bisa konsisten mencapai semifinal seperti pencapaiannya di series ketiga dan keempat.

“Pemain-pemain muda semakin bagus dan kompetitif. Saya yakin mereka juga sedang mempersiapkan diri karena series kelima ini adalah kesempatan terakhir bagi para pemain mengumpulkan poin agar bisa masuk ke Final Series. Saya melakukan beberapa persiapan agar bisa minimal masuk ke semifinal untuk mengamankan satu slot di Final Series," tutur dia. 

Rudy Rustandi sangat mengapresiasai penyelenggaraan kejuaraan Darts National Competition 2024, karena telah memacu semangat dari para pemain darts. Mereka sangat merindukan bergulirnya kompetisi darts di Indonesia karena olahraga ini sempat tenggelam dan mati suri diterpa oleh Pandemi Covid 19.

“Saya sangat mengapresiasi Darts National Competition khususnya kepada Indonesia Entertainment Group sebagai penyelenggara. Penyelenggaraan event darts seperti ini bukanlah sesuatu yang gampang," kata dia.

Selain bukan merupakan olahraga populer, darts di Indonesia juga sudah mati suri di terjang pandemi covid. Selalu ada perbaikan dan peningkatan yang dilakukan oleh Indonesia Entertainment Group dari series ke seriesnya sehingga saya melihat kualitas Darts National Competition ini juga semakin baik,” imbuh Rudy Rustandi.

 

3 dari 3 halaman

Pengalaman Komplet

Pengalaman Rudy Rustandi di olahraga darts memang komplet. Ayah dari Dhivi Candra Rustandi ini tak hanya aktif sebagai pemain yang bergabung di berbagai team dan club seperti Medalist Darts Indonesia dan Phoenix Indonesia Team 2016 (National Pride Team ADA Hongkong).

Ia juga pernah aktif dalam upaya mendirikan Indonesia Darts Asosiasi atau IDA, sebuah organisasi olahraga darts yang sayangnya tidak berkembang dan hilang. Sebuah asa yang kini terwujud dengan berdirinya Persatuan Olahraga Dart Indonesia (PORADI)

“PORADI ini sudah sangat ditunggu oleh semua pelaku dan praktisi olahraga darts di Indonesia karena saya tahu betul betapa sulit dan tidak mudah untuk mendirikan sebuah induk organisasi olahraga yang kurang populer di Indonesia," kata Rudy. 

"Apalagi sampai bisa terdaftar dan diakui secara legal oleh negara karena darts ini bukan hanya sebuah olahraga permainan. Banyak sekali aspek dan kepentingan yang ada di dalamnya terutama aspek bisnis. Oleh karena itu, peran PORADI sebagai sebuah organisasi induk olahraga darts tentunya akan sangat strategis. Bukan hanya sebagai operator kompetisi belaka tapi juga sebagai regulator dan pengayom bagi semua insan olahraga darts di Indonesia." 

 

Video Populer

Foto Populer