Sukses


Rafael Nadal Gantung Raket, Trio Eks MU Cristiano Ronaldo, David De Gea, dan Raphael Varane Merespons Emosional

Bola.com, Jakarta - Juara 22 Grand Slam Tenis asal Spanyol, Rafael Nadal, mengumumkan keputusan gantung raket dari tenis profesional. Piala Davis yang digelar di Spanyol pada November 2024 akan menjadi turnamen terakhirnya.

Pengumuman ini muncul setelah Nadal harus menjalani beberapa tahun terakhir dengan cedera, di mana ia hanya tampil dalam 19 pertandingan sepanjang 2024.

Ketika menghitung mundur menuju momen perpisahannya, Rafael Nadal belum tampil sejak kalah dari rival lamanya, Novak Djokovic, di Olimpiade 2024 di Paris pada Juli lalu.

Dalam video emosional yang dirilis pada Kamis (10/10/2024) pagi waktu setempat, Rafael Nadal menyatakan, "Saya di sini untuk memberi tahu bahwa saya pensiun dari tenis profesional."

"Realitanya adalah bahwa ini adalah tahun-tahun yang sulit, terutama dua tahun terakhir. Saya tidak merasa bisa bermain tanpa batasan," lanjut petenis asal Spanyol itu.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

"Karier yang Luar Biasa"

Reaksi terhadap pengumuman pensiunnya Rafael Nadal merambah luas di media sosial, di antara yang memberikan penghormatan adalah mantan pemain Manchester United (MU), seperti Cristiano Ronaldo, David De Gea, dan Raphael Varane.

Cristiano Ronaldo menuliskan komentar di akun Instagram Rafael Nadal, "Rafa, karier yang luar biasa telah Anda jalani! Dedikasi, semangat, dan bakat yang luar biasa telah menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia."

"Merupakan kehormatan menyaksikan perjalanan Anda dan bisa menyebut Anda sebagai eorang teman. Selamat untuk karier yang menakjubkan! Nikmati masa pensiun Anda!" lanjut bintang sepak bola asal Portugal itu.

3 dari 3 halaman

Bikin Jatuh Cinta Terhadap Tenis

David De Gea, yang pernah menjadi kiper andalan Manchester United dan kini bermain di Italia bersama Fiorentina, juga memberikan pujian terhadap Rafael Nadal dengan mengatakan, "Anda membuat saya jatuh cinta kepada tenis," disertai emoji hati.

Sementara Raphael Varane menambahkan, "Legenda! Selamat atas karier yang luar biasa, Rafa."

Nadal tidak hanya diakui sebagai salah satu petenis terhebat sepanjang masa, tetapi juga mendapatkan penghormatan dari rekan-rekan atlet di berbagai disiplin olahraga.

Pengumuman pensiunnya menandai akhir era dalam dunia tenis, dan banyak yang akan merindukan kehadirannya di lapangan.

Sumber: Manchester Evening News

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer