Sukses


Liga Spanyol: Faktor Fisik Bikin Toni Kroos Mulai Memikirkan Gantung Sepatu, Musim Terakhir di Real Madrid?

Bola.com, Jakarta - Perpanjangan kontrak baru saja diterima oleh Toni Kroos di Real Madrid. Namun, ini bisa menjadi kontrak terakhirnya di dunia sepak bola profesional, di mana pemain asal Jerman itu mengindikasikan bakal gantung sepatu setelah kontraknya berakhir.

Toni Kroos menerima perpanjangan kontrak dari Real Madrid selama satu tahun. Artinya pemain asal Jerman itu masih akan menjadi opsi di lini tengah Los Blancos hingga 2024.

Setelah itu, tidak ada yang tahu apakah karier pemain berusia 33 tahun itu akan seperti apa. Toni Kroos memang sudah berusia kepala tiga, tetapi ini masih dalam periode awal.

Melihat kualitasnya dalam tiga musim terakhir, Toni Kroos seolah tidak terpengaruh usia. Namun, sang pemain memiliki pendapatnya sendiri mengenai hal tersebut.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Fisik Tidak Mendukung

Menurut Toni Kroos, pada usianya saat ini, kemampuannya mungkin tidak akan berkurang jauh, terutama aspek-aspek yang harus dikuasai oleh seorang gelandang.

Masalahnya, Toni Kroos tahu bahwa fisiknya tidak bisa selalu terjaga seperti sedia kala. Hal ini dilihatnya dialami banyak pesepak bola yang sudah tua.

"Ada pemain-pemain yang pada akhirnya bermain seperti biasanya. Saya tidak ingin orang-orang juga akan menilai saya demikian," ujar Kroos kepada RTL.

 

3 dari 5 halaman

Masih Bisa Setahun Lagi

Toni Kroos menilai fisiknya masih bisa mendukungnya untuk terus berada di level tertinggi setidaknya untuk satu tahun lagi. Itulah mengapa ia menerima perpanjangan kontrak dari Real Madrid.

"Saya memiliki firasat pada musim ini akan sama baiknya seperti sembilan musim terakhir saya di sini," ujar Toni Kroos.

Lagipula, Kroos masih berminat menambah jumlah koleksi trofinya di Santiago Bernabeu.

"Saya masih menikmati sepak bola dan menantikan trofi-trofi lain berdatangan," lanjutnya.

 

4 dari 5 halaman

Indikasi Pensiun

Hal tersebut mengindikasikan Toni Kroos sangat mungkin pensiun pada 2024. Persoalan fisik yang tidak bisa dihindari bakal jadi faktor utama.

"Jadi saya rasa, kenapa tidak bermain untuk satu tahun lebih lama lagi?" ujar Toni Kroos.

Apalagi Toni Kroos sempat menegaskan bahwa ia ingin terus bertahan di Real Madrid. Jika Los Blancos tidak membutuhkan jasanya, Toni Kroos mungkin akan mengambil opsi pensiun.

Sumber: RTL

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafi Akmal, published 2/7/2023)

5 dari 5 halaman

Persaingan di La Liga Spanyol

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer