Sukses


Lonel Messi Kurang Suka Cara Melatih Pep Guardiola di Akademi Barcelona: Bikin Bingung

Bola.com, Jakarta - Legenda Barcelona, Lionel Messi, mengaku kurang suka dengan cara Pep Guardiola ketika masih melatih pemain muda akademi Barcelona, La Masia. Messi menilai kemampuan alami pemain muda akan dibatasi karena mengikuti metode yang ketat.

Saat berbicara kepada JP Varsky di Clank Media, La Pulga menilai anak usia enam tahun diajari melakukan dua sentuhan dan bermain lebih cepat oleh Guardiola.

Melansir dari Mundo Albiceleste, pemenang delapan trofi Ballon D’or itu lebih ingin anak-anak diajari untuk memahami permainan dan melatih gerakan dalam menemukan ruang.

“Era Pep Guardiola agak membingungkan. Seringkali, anak-anak berusia enam dan tujuh tahun sudah mulai diberitahu mereka harus bermain dengan dua sentuhan, bermain cepat, mereka tidak boleh melakukan banyak sentuhan,” ungkap Lionel Messi.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Agar Tak Mengurangi Kreativitas

Menurutnya, seharusnya anak-anak lebih diajarkan cara untuk lebih memahami permainan, mengetahui cara bergerak, menemukan ruang, dan bermain cepat. Cara latihan itu dilakukan agar tidak menghambat, atau mengurangi kreativitas alami dan spontanitas setiap individu dalam permainan.

Lionel Messi berkembang pesat di bawah asuhan Pep Guardiola saat di Barcelona. Messi juga memainkan pertandingan terbanyak dalam kariernya di bawah arahan pelatih asal Spanyol itu.

Topskorer sepanjang masa Blaugrana itu memainkan 219 pertandingan pada era Guardiola di Camp Nou. Kapten Timnas Argentina tersebut juga menyumbangkan 211 gol dan membuat 94 assist.

 

3 dari 4 halaman

Banyak Belajar

Meskipun kurang suka cara Pep Guardiola melatih pemain muda, Lionel Messi mengaku banyak belajar dari pelatih yang membawa Barcelona dan Manchester City meraih treble tersebut.

"Saya tidak terlalu memerhatikan taktik. Bersama Guardiola saya belajar banyak dan saya mulai memahami lebih banyak tentang permainan, tentang ruang, tentang penguasaan bola, tentang mengatur permainan dengan bola," ucap Messi.

Messi menambahkan kini sepak bola telah banyak berkembang. Menurutnya, sepak bola makin taktis dan cenderung mengutamakan kekuatan fisik.

Sumber: Sportskeeda

Penulis: Rayhan Hakim

4 dari 4 halaman

Simak Persaingan Musim Lalu:

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer