Sukses


Nilai Pasar Lamine Yamal Meroket Setelah Euro 2024: Mahal Banget, Sampai Pecah Rekor

Bola.com, Jakarta - Nilai pasaran bintang Barcelona, Lamine Yamal, meroket. Peningkatan besar ini imbas penampilan sensasional Yamal bersama Spanyol di Euro 2024. 

Lamine Yamal berangkat ke Euro 2024 sebagai bocah berusia 16 tahun yang mencari pengalaman. Dia malah tampil cemerlang dan membantu Spanyol menjadi kampiun dengan mengalahkan Inggris di partai final. 

Yamal, yang berulang tahun ke-17 sehari sebelum final, mengoleksi empat assist sepanjang turnamen. Dia juga menyumbangkan satu gol untuk La Furia Roja.

Tak heran, Lamine Yamal didapuk menjadi Pemain Muda Terbaik Euro 2024. Namanya layak menjadi buah bibir pencinta sepak bola dunia.  

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Rekor Lamine Yamal

Yamal digadang-gadang akan menjadi superstar sepak bola pada masa mendatang. Bahkan, tak sedikit yang meyakini pemain Spanyol itu bisa mengikuti jejak legenda Barcelona, Lionel Messi. 

Gara-gara penampilan garang di Euro 2024, harga pasaran Lamine Yamal melonjak. Itu terlihat ketika situs Transfermarkt merilis daftar 35 pemain yang nilai pasarnya melonjak setelah Euro 2024. 

Tentu saja Yamal menjadi sorotan. Sebelum tampil di Euro 2024, nilai pasar Lamine Yamal adalah 90 juta euro (Rp1,58 triliun). Kini, nilai pasar Yamal menembus 120 juta euro (Rp2,11 triliun). 

Yamal menjadi pemain dengan lonjakan nilai pasar tertinggi. Dia juga menjadi pemain pertama berusia di bawah 19 tahun yang nilai pasarnya melampaui 100 juta euro (Rp1,76 triliun) di Transfermarkt. 

 

3 dari 4 halaman

Popularitas Meroket

"Yamal adalah nama besar bagi kebanyakan fans sepak bola. Namun, kini semua orang di dunia mengenalnya," kata Tobias Blaseio dari Transfermarkt Spanyol. 

"Pemain Muda Terbaik Euro 2024, pencetak assist terbanyak juga di turnamen itu. Pada usia 17 tahun dia memecahkan beberapa rekor dan memberikan kontribusi penting dalam meraih gelar Piala Eropa, terutama di semifinal dan final," imbuh Blaseio. 

 

4 dari 4 halaman

Kontrak Baru di Barcelona

Pada Oktober 2023, Barcelona mencapai kesepakatan baru dengan Yamal. Dia diikat kontrak hingga 2026, termasuk klausul pelepasan senilai 1 miliar euro. 

Namun, perkembangan terbaru dari Sport mengklaim agen Yamal, Jorge Mendes, sedang melobi agar dia menerima kenaikan gaji sebagai bagian dari kontrak baru.

Sumber: Sportbible

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer