Sukses


Mengulik Nilai Pasar, Gaji, dan Statistik Fantastis Lamine Yamal: Superstar Barcelona dan Timnas Spanyol yang Naik Kelas Usai Euro 2024

Bola.com, Jakarta - Pemain muda Barcelona, Lamine Yamal, tampil luar biasa hingga mengantarkan Timnas Spanyol menjuarai Euro 2024 di Jerman baru-baru ini. Kesuksesan itu pun mengantarnya mengalami lonjakan nilai pasar yang fantastis.

Lamine Yamal langsung tampil mengesankan sejak membela Spanyol di fase grup Euro 2024. Meski sempat mengundang persoalan dengan aturan kerja di Jerman, lantaran usianya yang masih belum genap 17 tahun, Lamine Yamal tetap tampil impresif di Euro 2024.

Bahkan dua hari setelah genap usianya 17 tahun pada 13 Juli 2024, Lamine Yamal memela Spanyol tampil di final Euro 2024 pada 15 Juli 2024.

Dalam laga tersebut Lamine Yamal menyumbang satu assist, membawa La Furia Roja menjadi juara Eropa dan terpilih sebagai pemain muda terbaik di Euro 2024.

Pemain remaja Barcelona itu pun kini mengalami lonjakan nilai pasar yang luar biasa. Dari nilai 90 juta euro pada 7 Juni 2024, atau seminggu sebelum Euro 2024 dimulai, menjadi 120 juta euro setelah turnamen sepak bola Eropa itu berakhir.

Lonjakan nilai pasar tersebut jelas bukan sebuah kebetulan, tetapi efek dari keberhasilan Lamine Yamal memberikan kontribusi besar bagi Timnas Spanyol di Euro 2024.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Minta Naik Gaji ke Barcelona

Lonjakan nilai pasar tersebut tentu saja perlu direalisasikan ke dalam dunia nyata. Lamine Yamal pun dikabarkan sudah meminta kenaikan gaji kepada klubnya, Barcelona.

Lamine Yamal diketahui saat ini memiliki gaji sebesar 32 ribu euro per pekan bersama Barcelona. Jumlah itu sangat jauh dibandingkan bintang lini tengah Barcelona asal Belanda, Frenkie de Jong, yang menerima gaji 600 ribu euro per pekan.

Seperti dilansir dari Daily Mail, Lamine Yamal melalui agennya, Jorge Mendes, tengah berupaya meminta kenaikan gaji dari Barcelona. Apalagi Lamine Yamal masih terikat kontrak dengan Barcelona hingga Juni 2026.

Permintaan tersebut dinilai wajar. Pemain muda berusia 17 tahun ini baru saja menarik perhatian seluruh dunia dengan penampilan impresifnya di Euro 2024.

Banyak klub tentu menginginkan pemain muda yang sebenarnya memiliki kesepakatan untuk menambah kontrak sampai 2030 bersama Barcelona.

3 dari 4 halaman

Statistik Luar Biasa!

Dalam usianya yang baru 17 tahun, Lamine Yamal sudah memberikan kontribusi besar terhadap sepak bola Spanyol, baik bersama tim nasional maupun untuk klubnya, Barcelona.

Bersama Timnas Spanyol, Lamine Yamal sudah mencetak tiga gol dalam 14 penampilannya. Ia mencetak dua gol saat Kualifikasi Euro 2024 dan satu lainnya dicetak ketika menghadapi Prancis di semifinal Euro 2024.

Sementara bersama Barcelona, Lamine Yamal sudah mencetak 7 gol dan 10 assist dalam 60 laga di semua kompetisi. Torehan tersebut tentu saja tergolong impresif untuk seorang gelandang dengan usia yang baru saja 17 tahun.

4 dari 4 halaman

Rekor demi Rekor di Euro 2024

Selain itu, ia juga sudah memecahkan rekor yang selama 66 tahun dipegang pemain legendaris Brasil, Pele. Ya, Lamine Yamal menorehkan rekor pemain termuda yang tampil di laga final turnamen besar internaional saat Spanyol menghadapi Inggris di final Euro 2024.

Saat itu Lamine Yamal berusia 17 tahun 2 hari, memecahkan rekor Pele yang tampil di final Piala Dunia 1958 dalam usia 17 tahun 249 hari.

Sebelum rekor ini tercipta, Lamine Yamal mengawali Euro 2024 juga dengan torehan rekor. Ia menjadi pemain termuda yang menjadi starter sepanjang sejarah Piala Eropa ketika Spanyol menghadapi Kroasia di laga pertama La Furia Roja di Euro 2024.

Bahkan gol yang dicetaknya ke gawang Prancis di semifinal Euro 2024 juga menjadikan namanya sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Eropa.

Tentu saja yang terakhir, Lamine Yamal melengkapi rekornya sebagai pemain termuda yang berhasil menjuarai Piala Eropa setelah mengantarkan Spanyol menjuarai Euro 2024.

Sumber: Transfermarkt

Video Populer

Foto Populer