Sukses


Wow! Real Madrid Dapat Pemasukan hingga Rp17,6 Triliun Sepanjang Musim 2023 / 2024

Bola.com, Madrid - Real Madrid mengklaim sebagai klub pertama di dunia yang berhasil meraih pendapatan 1 miliar euro atau sekitar Rp17,6 triliun per tahun. Hal itu diumumkan melalui situs resmi mereka, Rabu (24/7/2024).

Raksasa Spanyol itu mengumumkan hasil pencapaian luar biasa dari sisi finansial mereka sepanjang musim 2023/2024. Surplus cuan yang mereka dapat bahkan belum termasuk transfer pemain.

Padahal hasil pendapatan dari transfer pemain, Los Blancos meraup keuntungan hingga 1,073 miliar euro atau naik sekitar 27 persen pada tahun terakhir.

Tim yang berbasis di Santiago Bernabeu menghasilkan laba 16 juta euro untuk tahun pembukuan 2023/2024. "Klub mempertahankan status keuangan yang baik dengan ekuitas bersih sebesar 5745 juta euro," demikian bunyi pengumuman Real Madrid.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bergelimang Prestasi

Real Madrid meraih berbagai pencapaian hebat sepanjang musim lalu. Mereka memenangkan Liga Champions untuk keenam kalinya pada periode 2014-2024, serta gelar La Liga dan Piala Super Spanyol.

Tim bola basket memenangkan Liga, Copa del Rey dan Piala Super Spanyol, serta membuat final Euro League. Ini semua berkontribusi pada peningkatan pendapatan, tetapi juga biaya yang lebih tinggi, khususnya terkait dengan bonus skuad olahraga.

Kenaikan pendapatan tersebut tidak terlepas dari naiknya perolehan komersial klub, pendapatan sponsor dan pendapatan dari stadion Santiago Bernabeu yang kini menjadi lini bisnis baru pasca direnovasi.

Investasi yang tercatat pada tahun keuangan 2023/2024 berjumlah 270 juta euro, termasuk kapitalisasi biaya keuangan selama masa konstruksi. Ini berarti akumulasi investasi pada 30 Juni 2024 mencapai 1,163 miliar euro.

3 dari 3 halaman

Sisi Komersial

Sedangkan untuk aktivitas komersial, Klub telah meningkatkan aktivitas merchandising dan sponsorship secara signifikan selama tahun keuangan 2023/2024. Klub mengharapkan dorongan komersial ini untuk terus berlanjut dan tumbuh lebih kuat pada tahun keuangan 2024/2025, didukung oleh manfaat terkait citra yang diperoleh dari komposisi skuad bermain dan kesuksesan olahraga, serta stadion yang direnovasi.

"Real Madrid terus memperkuat dan mengembangkan model olahraganya, yang bertujuan untuk terus meraih kesuksesan baik dalam sepak bola maupun bola basket. Hal ini telah membedakan Klub sepanjang sejarahnya, dan khususnya dalam beberapa tahun terakhir. Aspek yang paling menonjol dalam hal ini adalah penandatanganan Kylian Mbappé oleh tim utama sepak bola, mulai musim 2024/2025," lanjut tulisan dalam situs El Real.

"Semua ini harus didukung oleh model ekonomi yang mengupayakan pertumbuhan berkelanjutan. Di sinilah upaya gabungan menuju pertumbuhan dan diversifikasi pendapatan, di samping pengendalian biaya, menghasilkan keuntungan dan struktur keuangan yang mampu membayar yang memungkinkan Klub melakukan investasi yang diperlukan untuk menjalankan aktivitasnya," jelas informasi dari Real Madrid.

Sumber: Real Madrid

Video Populer

Foto Populer