Sukses


Lamine Yamal Harus Ngapain Aja Biar Menyamai Lionel Messi?

Bola.com, Jakarta Lamine Yamal belum genap berusia 17 tahun, ia sudah mencetak sejarah bersama Timnas Spanyol di Euro 2024.

Yamal membawa Spanyol ke partai puncak lewat satu golnya ke gawang Jerman. Namun, ia menolak terbawa suasana. Dia ingin menjalani hidup sebiasa mungkin.

"Saya sangat senang bisa mencapai final. Sekarang yang terpenting adalah memenangkannya," kata Yamal.

"Kami berada dalam momen yang sulit. Saya ingin mewujudkannya, dan saya sangat senang. Saya mencoba untuk tidak terlalu banyak berpikir, menikmatinya dan membantu tim dan jika berhasil seperti ini saya senang dan puas dengan kemenangan. Saya ingin menang, menang dan menang," katanya.

Pada usia 17, Lamine Yamal memberi alasan kepada Barcelona dan tim nasional Spanyol untuk percaya. Meski usianya masih muda, prospek cerah Yamal sudah mulai disandingkan dengan talenta lain yang bermunculan dari akademi Barca, termasuk Lionel Messi.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Secara Statistik Sudah On The Track

Messi dan Yamal umumnya bermain di sayap kanan, mereka berdua kidal yang suka menusuk ke dalam, mereka berdua produk La Masia, dan mereka berdua memulai karier di Barcelona di usia yang sangat muda.

Yamal sebenarnya memiliki sedikit keunggulan. Ketika Messi berusia 17 tahun, usia Yamal saat ini,dia baru bermain sembilan pertandingan untuk Barca, mencetak satu gol. Yamal telah memainkan satu musim penuh dengan 50 pertandingan dan tujuh gol, dan dia baru saja berusia 17 tahun.

Pada musim kedua Messi di Barca, yang setara dengan apa yang akan dialami Yamal pada tahun 2024-25, pemain Argentina itu berhasil mencetak delapan gol dalam 25 pertandingan. Yamal berada di posisi yang tepat untuk melampaui jumlah tersebut musim ini.

Musim ketiga Leo membuatnya mencetak 17 gol, diikuti oleh musim dengan 16 gol pada tahun 2007-08. Kemudian dia menjadi sangat luar biasa. Selama 13 musim berikutnya, Messi mencetak minimal 31 gol per musim. Ia mencetak 50+ gol dalam enam musim terpisah.

Saat ini, anak emas Spanyol itu berada di jalur yang benar, tetapi banyak hal yang harus dilakukan Yamal jika ia ingin berhasil melengserkan Messi.

3 dari 5 halaman

Yang Harus Dilakukan Yamal

1.  Yamal harus menghindari cedera serius. Ansu Fati menjadi korban dari hambatan itu, dan itu menggagalkan seluruh kariernya. Setelah mapan di tim, Messi memainkan 40+ pertandingan setiap musim saat bersama Blaugrana. Satu cedera serius dapat menghancurkan peluang Yamal untuk melampaui yang hebat.

2. Kedua, ini poin yang jelas tetapi ia harus tetap di Barcelona. Sangat sedikit klub yang mampu membeli Messi di masa jayanya. Real Madrid, mungkin, tetapi Leo tidak akan pernah melakukan itu pada Barca. 

3. Iia harus memiliki tim di sekelilingnya yang memungkinkannya untuk tampil di puncak kemampuannya. Messi memiliki Guardiola sebagai pelatih selama kebangkitannya yang luar biasa, ia memiliki Iniesta, Xavi, Busquets, Ronaldinho, Villa, Rakitic, Jordi Alba.

4 dari 5 halaman

Harus Cetak Berapa Gol?

Yamal perlu mencetak rata-rata sekitar 43 gol per musim, untuk masing-masing dari 15 musim berikutnya, yang akan membuatnya berusia 32 tahun, jika ia ingin menyamai total 672 gol Messi di Barcelona.

Jika ia terus membanggakan umur panjang yang sama dan bertahan di klub kota kelahirannya hingga usia 37 tahun, ia masih perlu mencetak rata-rata 33 gol per musim selama dua dekade penuh.

5 dari 5 halaman

Jangan Starsyndrome!

Dan yang paling penting adalah jangan starsyndrome! 

Messi di usia Yamal saat ini, belum mendapat sorotan tajam karena perkembangan media dan media sosial. Selain itu, Messi juga pandai menjaga pergaulannya. Itu terbukti hubungan dengan istrinya yang dikenal sejak kecil berjalan harmonis.

 

Sumber: Planet Football

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer