Sukses


5 Pemain Inggris Raya Terbaik di Liga Spanyol

Bola.com, Jakarta - Selama lebih dari satu abad, Inggris telah menjadi tempat kelahiran beberapa pemain terhebat dalam sejarah sepak bola. Sementara sebagian besar dari mereka memutuskan untuk membangun karier mereka di tanah asal mereka, beberapa tidak ragu untuk menyeberangi Selat dan mengekspor diri mereka ke Liga Spanyol.

Tren ini menjadi lebih jelas dalam beberapa tahun terakhir, dengan banyak pemain Inggris mewakili negara mereka di liga-liga top Eropa. La Liga tidak terkecuali.

Sejak didirikan pada tahun 1929, liga Spanyol telah menyambut hampir lima puluh pemain dari Inggris Raya, yang masing-masing memiliki nasib yang kurang lebih gemilang di tanah Iberia.

Berikut ini Bola.com mengulas 5 pemain terbaik dari Inggris Raya yang pernah dan sedang bermain di elite sepak bola Spanyol.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Gary Lineker

Meskipun ia gagal memenangkan satu pun gelar La Liga selama tiga tahun di Barcelona, Gary Lineker tentu memiliki kenangan positif tentang waktunya di Spanyol. Setelah tiba di Catalonia pada musim panas 1986, striker Inggris, yang diakui sebagai salah satu striker terhebat di generasinya, mencetak 42 gol dan memberikan tiga assist dalam 103 penampilan liga, semuanya di bawah asuhan Johan Cruyff dan pendahulunya Terry Venables.

Salah satu yang menarik dari petualangan Blaugrana-nya adalah hat-trick yang ia cetak melawan Real Madrid di Clasico pertamanya di Camp Nou. Itu adalah pertunjukan legendaris yang seorang diri memungkinkan Barcelona untuk mengalahkan saingan bersejarah mereka.

3 dari 6 halaman

David Beckham

Pada musim panas 2003, di saat kepergiannya dari Manchester United tampak tak terelakkan, David Beckham yang sangat didambakan Barcelona akhirnya bergabung dengan Real Madrid. Itu adalah awal dari petualangan empat tahun yang akan membuat ‘Spice Boy’ bergesekan dengan beberapa pemain terhebat pada masanya dalam tim yang hanya dapat digambarkan sebagai Los Galacticos.

Namun pada akhirnya, janji-janji yang dibuat oleh grup ini tidak pernah benar-benar terpenuhi, dan Beckham meninggalkan Spanyol dalam sebuah petualangan di mana ia tidak pernah benar-benar menemukan kembali performa terbaiknya, meski relatif menarik, di mana ia mencatatkan 13 gol dan 37 assist dalam 116 pertandingan La Liga.

4 dari 6 halaman

Jude Bellingham

Satu musim, 19 gol, enam assist dan gelar liga Spanyol, rasanya adil untuk mengatakan Jude Bellingham mulai bermain di La Liga. Namun tawaran £95m Real Madrid kepada Borussia Dortmund untuk mengamankan jasanya pada musim panas 2023 sudah cukup untuk memberi banyak tekanan di pundak gelandang muda Inggris itu.

Tapi dia telah berhasil melawan. Lebih baik lagi, dia telah menggunakannya untuk memperbesar permainan hi hs, dengan cepat memantapkan dirinya sebagai salah satu pemimpin tim Carlo Ancelotti. Dan jadi itu tidak mengejutkan nyata ketika dia dianugerahi hadiah Pemain Terbaik Musim Ini, hanya satu tahun setelah memenangkan penghargaan yang sama di Bundesliga.

5 dari 6 halaman

Steve McManaman

Ketika datang ke transfer gratis terbaik dalam sejarah sepak bola, kepindahan Steve McManaman ke Real Madrid tentu menonjol. Tiba di ibukota Spanyol setelah hampir satu dekade mewakili Liverpool, sang gelandang tidak butuh waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

Dalam kurun waktu empat tahun, selain trofi domestik (dua Piala Super Spanyol) dan kontinental (dua Liga Champions dan satu Piala Super Eropa) yang dimenangkan oleh Casa Blanca, pemain Inggris itu membantu klub memenangkan dua gelar liga Spanyol seperti yang mungkin digambarkan sebagai ‘joker’ mewah, pengaruhnya agak berkurang seiring berjalannya waktu dengan orang-orang seperti Zinedine Zidane dan Luis Figo.

6 dari 6 halaman

Gareth Bale

Gareth Bale tidak diragukan lagi adalah pemain Inggris Raya terbaik yang pernah bermain di La Liga. Direkrut oleh Real Madrid dari Tottenham pada musim panas 2013 dalam salah satu transfer termahal sepanjang masa, pemain asal Wales itu telah menikmati tujuh tahun yang sukses bersama Los Blancos. Ia bahkan meraih lebih banyak gelar Liga Champions (5) dibandingkan gelar La Liga (3).

Dalam 176 penampilan di liga, ia menjadi penentu sebanyak 127 kali (81 gol, 46 assist), mencetak 15 gol atau lebih dalam tiga musim berbeda. Ini lebih dari statistik yang mengesankan ketika Anda mempertimbangkan bahwa striker tersebut harus menghadapi serangkaian cedera yang membuatnya absen secara teratur, bahkan sampai memaksanya masuk ke bangku cadangan untuk dua musim terakhir.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer